10 Juli 2018
SPORTS MOBIL

Kovalainen Takjub Bisa Pimpin Klasemen


Mantan pebalap Formula 1, Heikki Kovalainen, mengaku tak menyangka bisa menjadi pemimpin klasemen pebalap setelah kemenangan di Super GT Buriram.

Tim Lexus Sard dengan mobil #39 DENSO Kobelco nampak kepayahan di awal musim. Duo Kovalainen dan Kamui Kobayashi finis ke-12 di ronde pembuka Okayama.

Berkat pergantian mekanik, disertai pendalaman masalah yang mendera tim membuahkan podium teratas di Buriram, sekaligus kemenangan perdana Lexus musim ini.

Hasil tersebut melesatkan Kovalainen ke puncak klasemen, tiga poin di atas Team Kunimitsu dengan duo pebalapnya, Jenson Button dan Naoki Yamamoto, serta mobil #100 Raybrig NSX-GT.

“Kami masih perlu bebenah, meski telah ada peningkatan signifikan. Mobil kami mengalami gangguan saat musim dingin [tes pramusim], begitu pula di Okayama,” ujar Kovalainen, kampiun Super GT 2016 bersama Kohei Hirate, kepada Motorsport.com.

“Kami telah berupaya setelah mengetahui berbagai alasan tersebut, dan berhasil. Sungguh titik balik yang luar biasa. Tim meroket dari posisi terakhir menjadi pemimpin klasemen.

“Saya senang dengan pencapaian ini. Kami harus meningkatkan diri, karena Fuji akan berat bagi kami. Paling tidak, kami telah mengerti situasinya lebih baik sekarang.

“Saya rasa kami bisa bertarung, kami tengah memimpin klasemen. Belum berarti apa-apa, masih terlalu dini. Namun, kami siap bertarung. Itu yang penting.”

Kovalainen sempat mengamankan podium kedua bersama pengganti Kamui Kobayashi, Sho Tsuboi, meski di Suzuka ia gagal membawa mobil #39 ke garis finis.

“Performa awal musim kami memang naik turun,” ujarnya saat konferensi pers pascabalapan di Buriram. “Bencana di Okayama, Fuji balapan baik, lalu bencana lagi di Suzuka tatkala saya melakukan kesalahan. Kami butuh hasil baik mulai sekarang.

“Posisi kami jelas menguntungkan. Kami perlu mengatur situasi ini, dan kami tengah melakukannya.

“Kami memiliki paket bagus, mobil tidak ada masalah. Performa tim patut diacungi jempol. Seluruh bahan-bahan telah didapatkan.”

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 130
Berita Terkait Lainnya :