12 Juli 2018
SPORTS MOBIL

Super GT Buriram: Lexus Taklukkan Buriram, Prius Ungguli RC F


Tiga mobil Lexus merebut finis podium kelas GT500. Sementara di kelas GT300, #31 Toyota Prius apr GT finis kedua di depan #60 Syntium LMCorsa RC F GT3.

Adalah mobil #39 Denso Kobelco SARD LC500, peraih finis pertama kelas GT500. Dua pengguna Lexus lain yang finis podium adalah #6 Wako's 4CR LC 500 dan #19 WedsSport ADVAN LC500. 

Start balapan berjalan tanpa adanya insiden, dengan #16 Motul Mugen NSX-GT melenggang, meninggalkan Denso SARD yang telah berada di posisi kedua. 

Arus pebalap GT500 dan GT300 mulai menyatu sejak Lap 6. Di tengah arus tersebut, terjadi duel perebutan tempat kelima antara WedsSport Lexus, #19 Raybrig NSX-GT, dan #12 Calsonic Impul GT-R. 

Bersatunya arus kompetitor kedua kelas sempat menyulitkan usaha Heiki Kovalainen, salah satu pilot mobil Denso SARD Lexus, untuk merebut tempat teratas dari peraih pole, Motul NSX-GT. Pada Lap 19, Kovalainen berhasil merebut tempat teratas dari Hideki Mutoh yang tengah mengemudikan Motul NSX-GT. 

Insiden antar pengguna Nissan terjadi pada Lap 23, tepatnya #24 Forum Engineering ADVAN GT-R (Joao Paulo de Oliviera) dan Calsonic GT-R (Jann Mardenborough) di Tikungan 1. Mardenborough lolos, sedangkan Oliviera gagal lanjutkan lomba. 

Periode pit stop dimulai sejak Lap 25. Pemimpin klasemen, #1 KeePerTOM's dengan pebalap Ryo Hirakawa, mengalami masalah saat wheelgun kru pit bagian roda kiri belakang tersangkut. Beruntung, Ryo Hirakawa masih mampu melanjutkan lomba. 

Wako's Lexus seolah tidak mau mengalah pada siapapun. Start dari posisi ke-11 tidak menghalangi duo Felix Rosenqvist dan Kazuya Oshima untuk tampil ngotot sepanjang balapan.

Pada Lap 27, Rosenqvist yang juga merupakan pebalap Mahindra Racing Formula E mengungguli Hideki Mutoh, rekan setim Daisuke Nakajima dengan mobil Motul NSX-GT. Tempat kedua pun berhasil dipertahankan hingga finis.

Nasib naas menimpa mobil Yuhi Sekiguchi, salah satu pebalap mobil #36 au TOM's LC500. Tepat di lap terakhir, ia kehabisan bahan bakar, sebelum akhirnya gagal menyentuh garis finis. 

Meski sempat mengalami masalah pit stop, KeePer TOM's mampu finis kedelapan di tangan Ryo Hirakawa. Sementara itu, pemimpin klasemen sementara kelas GT500, Raybrig NSX-GT, finis ke-11. 

Finis terbaik pengguna Nissan adalah Calsonic GT-R. Daiki Sasaki membawa mobil #12 tersebut finis kedelapan. Sedangkan duo NISMO, Tsugio Matsuda dan Ronnie Quintarelli, gagal mendulang poin dengan finis di posisi ke-12. 

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 167
Berita Terkait Lainnya :