11 Februari 2019
TIPS MOTOR

TIPS Hemat Bahan Bakar Motor Matik


Motor matik sering dianggap sebagai kendaraan boros, mengimbangi kenyamanannya yang tinggal gas dan melesat. Namun anggapan itu setidaknya bisa dikikis dengan sejumlah trik hemat dalam memakainya.

1. Ikuti irama mesin, jangan gas tiba-tiba
Ini biasanya terjadi karena kita tidak sabar. Rasanya, misalnya, ingin lekas-lekas menggeber gas selepas lampu merah. Padahal, akan lebih hemat jika tuas digas seirama atau perlahan-lahan sesuai tarikan mesin.

2. Memanaskan mesin jangan lama-lama
Memanaskan mesin sebenarnya sama saja membuang bahan bakar dalam kondisi tidak digunakan untuk melaju. Tiga menit sudah cukup. Mesin zaman sekarang sebenarnya tidak perlu dipanas-panaskan.

Tujuan memanaskan mesin itu zaman dulu untuk mengalirkan oli karena bentuk mesin tegak. Sekarang mesin sudah rebah, dan oli ukuran sekarang rata-rata 10/30, sehingga tak perlu khawatir akan mengental jika tidak dipakai.

3. Ganti oli
Ini mengapa bengkel resmi menetapkan batas khusus kapan pengguna, khususnya sepeda motor matik, harus servis rutin (2.000 cc - 2.500 cc). Jika kerja karburator, oli, dan lainnya baik maka tarikan pada mesin pun tidak berat sehingga pengguna tidak merasa motornya kurang bertenaga, alih-alih memilih memuntir tuas gas lebih jauh dan alhasil muntahan bensin lebih banyak.

4. Pantau tekanan angin ban
Jika ban kurang angin, otomatis gerak motor jadi lebih berat. Ini sama halnya dengan mesin yang tidak terawat dan membuat pengendara senewen ingin terus gas penuh karena merasa tenaga mesin pada motor kurang mantap.   [w33]

viewed :: 12397
Berita Terkait Lainnya :