14 Juni 2018
GARASI MOBIL

Nissan Terra Thailand Hadir Dengan Mesin Lebih Kecil Dari Versi Indonesia


Thailand merupakan negara yang dijadikan basis produksi Nissan Terra, namun demikian bukan berarti lantas menjadi negara pertama tempat diperkenalkannya SUV tujuh penumpang ini.

Setelah China (yang merupakan basis produksi Terra khusus pasar Cina), Terra justru muncul di Filipina terlebih dulu dan menjadikannya sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang bisa menikmati rival Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Chevrolet Trailblazer dan Isuzu MU-X ini. Diwartakan indianautosblog.com (03/06), Thailand mendapat giliran menikmati SUV ladder frame ini pada bulan Agustus mendatang.

Secara umum, versi Thailand ini memiliki fitur yang serupa dengan yang dijajakan di Filipina. Fitur seperti lampu depan proyektor LED dengan LED DRL, velg 18 inci, lampu belakang LED, AC climate control dual zone, Around View Monitor with Moving Object Detection, Blind Spot Warning, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Lane Departure Warning, Tyre Pressure Monitoring System dan tujuh airbags. Selain itu tersedia pula pilihan transmisi 6 speed manual atau 7 speed otomatis. Terra dijajakan dengan pilihan 4x4 ataupun 4x2.

Namun demikian, versi Negeri Gajah Putih dilengkapi dengan mesin diesel yang berbeda dengan versi Filipina yang dipersenjatai dengan mesin YD25 2.500 cc bertenaga 190 PS dan torsi 450 Nm. Thai version menggunakan dua pilihan mesin YS23 2300 cc single turbo (160PS dan 403 Nm) dan twin turbo berdaya 190 PS dan torsi 450 Nm.

Varian turbo ganda ini memiliki output yang sama, namun mampu menghantarkan performanya pada putaran mesin yang lebih rendah dan diklaim lebih hemat bahan bakar 19% dibandingkan YD25.

Nissan Terra direncanakan akan meluncur di Indonesia pada tahun fiskal Nissan. Lalu apakah akan memiliki spesifikasi yang sama dengan Thailand?

Kemungkinan tersebut sangat kecil, lantaran mesin YS23 menggunakan standar emisi Euro 5. Sementara Indonesia baru akan mengenyam standar emisi Euro 4 di semester 2 tahun ini. 

Sumber : www.carreview.id

viewed :: 1105
Berita Terkait Lainnya :