14 Juni 2018
SPORTS MOBIL

FIA Umumkan Standar Helm Baru Untuk F1 2019


Federasi Otomatif Internasional (FIA) mengumumkan standar helm yang baru untuk menambah keamanan para pebalap Formula One (F1). Aturan baru tersebut nantinya akan diwajib digunakan bagi para pebalap untuk kompetisi F1 musim 2019.

Standar helm terbaru itu akan menawarkan peningkatan keamanan yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena helm baru tersebut akan mencakup perlindungan balistik yang lebih canggih dan peningkatan penyerapan energi yang tinggi.

Berdasarkan pernyataan FIA, bagian atas visor (kaca helm) akan diturunkan 10 mm. Ini dilakukan untuk mencapai tingkat keamanan yang akan menghindarkan sang pebalap dari serpihan puing-puing akibat benturan. Selain itu konsutruksi shell menggunakan material komposit canggih untuk memastikan ketahanan terhadap penghancuran dan penetrasi.

“Helm yang saat ini sudah paling aman di dunia, tetapi standar baru akan membawa ke tingkat berikutnya,” ungkap direktur keselamatan FIA, Laurent Mekies, mengutip dari Autosport.


“Penting bagi semua penelitian keselamatan kami bahwa kami terus berusaha untuk meningkatkan diri dan inilah mengapa kami mengharuskan semua produsen memenuhi standar yang lebih ketat untuk kejuaran kami,” tambahnya.

Penggunaan helm baru ini wajib digunakan pada F1 2019. Bahkan tak hanya F1, kejuaraan otomotif lainnya akan segera menyusul. Pada fase penelitian tersebut, FIA melakukan kerja sama dengan beberapa produsen helm seperti Stilo, Bell Racing, Schuberth dan Arai.

Sumber : sports.okezone.com

viewed :: 129
Berita Terkait Lainnya :