15 Juni 2018
SPORTS MOBIL

FIA Gunakan Hypercar Mulai WEC 2020/21


Kelas tertinggi ajang FIA World Endurance Championship akan menggunakan aturan baru mulai musim 2020/21. 

Berbagai hal mendasar tentang aturan yang akan melahirkan kelas pengganti LMP1 tersebut telah ditandatangani dalam acara Badan Motor Sport Dunia FIA di Manila.

Pernyataan Badan Motor Sport hanya menyebutkan mengenai pemangkasan dana tim-tim teratas hingga seperempat dana tim LMP1 saat ini, serta adanya kebebasan desain mobil dengan basis hypercar.

Detail lebih lanjut akan diumumkan saat Automobile Club de l'Ouest, promotor WEC sekaligus perumus aturan bersama FIA, menyelenggarakan konferensi pers jelang Le Mans 24 Hours.

Aturan yang diberi nama awal ‘GTP’ tersebut membolehkan pabrikan untuk membuat mobil prototipe berdasarkan salah satu mobil sportscar mereka.

Tujuan dari aturan tersebut adalah untuk menjaga balapan tetap kompetitif, sekaligus mengurangi biaya secara signifikan.  

Dengan adanya teknologi hibrida yang diperbolehkan, diharapkan pabrikan bisa menggunakan sistem pemulih energi tersebut ketimbang membuatnya sendiri.

Pabrikan yang ikut merumuskan aturan baru antara lain Toyota, McLaren, Aston Martin, Ferrari, dan Ford.

Rencana untuk merangkul lebih banyak pebalap wanita ke WEC juga disahkan oleh badan balap FIA, dengan detail lebih lanjut akan diumumkan saat konferensi pers.

Ronde Sebring WEC tetap menggunakan jarak 1000 mil [1.609 km], seperti rencana semula. Balapan tersebut akan dihelat 15 Maret 2019, sebelum ronde IMSA Sebring 12 Hours.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 140
Berita Terkait Lainnya :