18 Mei 2018
HEADLINE MOTOR

Moto-Adventure 250cc, Pilih Viar Vortex Atau Kawasaki Versys-X?


Tak hanya motor kustom bergenre retro yang tengah naik daun. Segmen moto-adventure berbagai kelas pun sedang diminati. Pasalnya, motor ini tak hanya dapat memiliki tampilan tangguh, tapi juga bisa melibas berbagai medan.

Di kelas 250cc, setidaknya Kawasaki telah menghadirkan Versys-X. Tak lupa ada pabrikan lokal, Viar, dengan Vortex. Sayangnya, motor ini kerap dianggap remeh. Namun, jika melihat spesifikasinya, tidak ada salahnya dicoba.

Hadir sebagai motor dual-purpose, baik Kawasaki Versys-X maupun Viar Vortex memiliki desain yang gagah dan gambot. Selain itu, keduanya pun dibekali perlengkapan wajib khas motor petualang, seperti crash-bar, windshield, dan box.


Di sektor kaki-kaki, bisa dibilang Viar Vortex lebih unggul.Pasalnya, motor ini menggunakan suspensi depan up-side down sedangkan Kawasaki Versys-X masih dibekali suspensi teleskopik 41 mm. Buritan motor keduanya ditopang oleh monoshock.

Ukuran ban keduanya pun hanya berbeda sedikit. Kawasaki Versys-X menggunakan ban depan 100/90 R19 dan 130/80 R17 di belakang. Sementara Viar Vortex dibekali kombinasi ban depan-belakang masing masing berukuran 100/80 R18 dan 130/70 R17.

Namun, meski sama-sama mengusung mesin 250cc, performa yang dihasilkan berbeda. Kawasaki Versys-X memiliki tenaga 33,5 hp dan torsi 21,7 Nm. Sedangkan dapur pacu Viar Vortex mampu memompakan daya sebesar 24,8 hp dengan torsi mencapai 22,5 Nm.


Mengenai harga, Kawasaki Versys-X ditawarkan dalam 2 varian. Untuk versi City dijual seharga Rp62,3 juta (on the road Jadetabekser). Sedangkan veri Tourer dipatok lebih mahal, yaitu Rp73,1 juta, karena dilengkapi dengan crash-bar, side-box, hand-guar, dan lampu tambahan.

Sedangkan Viar Vortex dibanderol jauh lebih murah, hanya Rp44,65 juta (on the road Jakarta). Itu pun telah dilengkapi dengan box berbahan plastik . Jika part tersebut ingin diganti dengan versi aluminium, pembeli perlu menambah biaya sekitar Rp6 jutaan.

Sumber : www.otosia.com

viewed :: 187
Berita Terkait Lainnya :