17 Mei 2018
SPORTS MOBIL

Pirelli Ancam Hengkang Dari F1 Jika Ada Perang Penawaran


Pirelli mengancam akan berhenti menjadi penyuplai ban Formula 1 jika harus terlibat dalam perang penawaran terkait negosiasi kontrak baru.

Marco Tronchetti Provera, wakil presiden eksekutif Pirelli, mengatakan bahwa ada kemungkinan pabrikan ban asal Italia tersebut tidak memperbarui kontrak mereka dengan Formula 1 di akhir 2020.

Berdasarkan rumor yang muncul dari pertemuan antara para investor Pirelli, Marco Tronchetti Provera tidak mau perusahaannya terlibat dalam perang tawar-menawar untuk bisa melanjutkan status mereka sebagai pemasok eksklusif ban Formula 1.

Ancaman hengkang dari Formula 1 sebelumnya juga pernah diutarakan presiden Ferrari, Sergio Marchionne, yang juga sama-sama berasal dari Italia. Tronchetti Provera tidak ingin Formula 1 menjadi persaingan komersial, mengingat tingginya tantangan teknis yang dihadapi.

Pirelli diyakini bersedia menghormati kontrak yang berlaku, tapi mereka tidak menutup kemungkinan akan membatalkannya jika ada perubahan kondisi. Terutama jika ada calon pabrikan ban lain yang memiliki sumber daya lebih banyak dan tertarik bergabung ke Formula 1.

"Jika kompetisi [ban] dibuka, maka biaya juga akan naik karena keperluan tes. Anda akan melihat tim-tim besar memakai ban yang lebih bagus ketimbang tim-tim papan tengah atau bawah, karena Anda tidak diwajibkan memasok ban yang sama," ucap direktur balap Pirelli, Mario Isola, kepada Motorsport.com Januari lalu.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 195
Berita Terkait Lainnya :