17 Mei 2018
HEADLINE MOBIL

Motor Kloningan Kawasaki Vulcan S


Kini, nampaknya, pabrikan asal China semakin berani dalam memproduksi motor 'kloning'. Bahkan, mereka mengincar pasar yang lebih tinggi, yaitu motor gede (moge). Kali ini, Kawasaki Vulcan S yang menjadi korban.

Kawasaki Vulcan S
Dilansir dari Newmotor, kembaran Kawasaki Vulcan S itu diberi nama JM500 keluaran Ji Ming. Sekilas, bentuknya memang sama, namun ada juga beberapa perbedaan yang membuatnya tidak kembar identik dengan cruiser pabrikan asal Jepang tersebut.

Secara desain, keduanya sama-sama mengusung genre motor cruiser. Selain itu, tipe sasis Ji Ming JM500 mirip dengan Kawasaki Vulcan S. Bahkan, konfigurasi suspensi belakang offset mono-shock khas Kawasaki juga ditiru. Menariknya lagi, tampilan headlamp, knalpot, speedometer, dan jok, serta velg pun serupa.

Ji Ming JM500
Hanya saja, Ji Ming JM500 masih menggunakan swing-arm belakang konvensional. Sedangkan, Kawasaki Vulcan S telah dibekali stabilizer. Tak hanya itu, desain buritan motor pun dibuat berbeda.

Meski terbilang 'kloningan', spesifikasi Ji Ming JM500 tak bisa diremehkan. Kaki-kaki motor China ini berukuran depan-belakang masing-masing 130-70 R18 dan 160/60 R17 yang lebih besar ketimbang Kawasaki Vulcan S. Bahkan, koplingnya telah menggunakan sistem hidrolik layaknya moge sport. Tak hanya itu, headlamp motor ini sudah menggunakan projector dan dilengkapi LED-DRL.

Ji Ming JM500
Beralih ke sektor dapur pacu, Ji Ming JM500 mengusung mesin 2-silinder inline 458cc berpendingin cairan yang hanya menghasilkan tenaga sebesar 35,5 hp dan torsi 35 Nm. Angka tersebut masih jauh di bawah Kawasaki Vulcan S yang berkubikasi 649cc dengan power 60 hp.

Di Tiongkok, Ji Ming JM500 dibanderol layaknya motor sport fairing 250cc di Indonesia, CNY25.600 atau sekitar Rp56 jutaan. Harga jual itu jauh lebih murah dari Kawasaki Vulcan S yang dipatok Rp170 jutaan.

Sumber : www.otosia.com

viewed :: 196
Berita Terkait Lainnya :