16 Mei 2018
GARASI MOTOR

TVS Creon, Skuter Listrik Kaya Fitur Yang Bisa Mundur


Pabrikan asal India, TVS, baru saja memperkenalkan prototype skuternya dengan mengusung nama Creon. Skuter bertenaga listrik ini ditampilkan pada ajang Auto Expo di India.

Layaknya motor sport, sasis ini bertipe twinspar. TVS membekali Creon dengan rangka ringan berbasis alumunium yang kaku sehingga memiliki handling yang baik. 

Model purwarupa ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 10,7 HP. Tenaga tersebut muncul dari mesin yang ditenagai oleh 3 baterai Li-ion 12 kW yang mampu menempuh 80 km dalam sekali full-charge. Pengisian baterai dapat dilakukan di rumah dan memakan waktu selama 4 jam agar penuh dengan sempurna.

Motor ini membutuhkan waktu 5,1 detik untuk mencapai kecepatan 60 kpj dari 0. Kecepatan maksimal yang bisa ditembus pun tak tanggung-tanggung, yaitu 115 kpj. Ada 3 mode berkendara pada skuter ini, yaitu track, sport, dan city.

Secara fisik, motor ini bisa dibilang cukup unik karena memiliki body futuristik yang gambot. Fitur yang dimiliki motor ini bisa dibilang canggih. Rem depan-belakang sudah memiliki sistem ABS single chanel.

TVS menanamkan dashboard TFT canggih dengan GPS dalam TVS App yang terkoneksi dengan smartphone pemiliknya. Dari panel digital tersebut, pemiliknya juga bisa mengetahui kapasitas baterai layaknya indikator bensin.

Uniknya, skuter listrik ini memiliki reverse park assist yang bisa membuat Creon mundur secara perlahan. Lampu yang digunakan pun sudah menggunakan LED.

Purwarupa ini mampu menarik perhatian dan memperoleh 2 penghargaan sekaligus, yaitu Best Concept Two-wheeler dan Best of The Show Two-Wheeler pada ajang yang digelar di Delhi, India tersebut.

Sumber : www.otosia.com

viewed :: 147
Berita Terkait Lainnya :