16 Mei 2018
GARASI MOTOR

Harga Motor Ini Tembus Rp13 Miliar


Penggunaan berbagai teknologi untuk meningkatkan performa sepeda motor memang kerap dilakukan oleh beberapa pabrikan. Tentunya, hal itu juga akan berpengaruh kepada harga jual. Semakin tinggi teknologinya, maka banderol yang ditawarkan pasti akan semakin mahal. Tengok saja Tamburini T12, salah satu motor eksotis yang dijual seharga Rp13 miliaran.

Dilansir dari cycleworld.com, Tamburini T12 memang dibuat secara khusus sebagai bentuk penghormatan kepada Massimo Tamburini yang meninggal dunia pada April 2016 silam.

Massimo Tamburini adalah salah satu pendiri Bimota (Bianchi, Morri, dan Tamburini) yang juga pernah menjabat sebagai desainer utama di tiga pabrikan besar Italia sekaligus, yakni Cagiva, Ducati, dan MV Agusta.

Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai desainer beberapa sepeda motor eksotis bergaya khas Italia. Beberapa garapannya yang melegenda ialah Ducati 916, Bimota Tesi, dan Cagiva Mito. Ada pula motor sport kenamaan lainnya, yakni MV Agusta F4.

Tamburini T12 merupakan proyek terakhir yang ditangani oleh Massimo Tamburini. Motor ini berstatus sebagai ultrabike dengan bobot yang sangat ringan dan performa mesin setara tunggangan MotoGP. Sayangnya, Tamburini justru meninggal dunia sebelum sempat menyelesaikan proyek ini.

Lantas, apa penyebab banderol Tamburini T12 mencapai Rp13 miliar? Selain jumlah produksinya yang terbatas, tentu spesifikasi motor ini yang digadang-gadang setara motr balap MotoGP.

Tengok saja kedua suspensinya yang menggunakan produk pabrikan Ohlins. Bahkan desainnya pun dibuat khusus untuk Tamburini T12. Bagian pengereman pun terbilang mengerikan. Kaliper rem disuplai oleh Brembo dengan kemampuan layaknya tunggangan Valentino Rossi.

Selain itu, velg Tamburini T12 pun berbahan forged magnesium, single-sided swing-arm dari magnesium alloy, dan sasis baja standar militer. Belum lagi body yang mengambil bahan serat karbon dan ban Pirelli standar World Super Bike (WSBK) serta part lain yang berasal dari material mahal. Tujuannya tentu menciptakan motor dengan bobot seringan mungkin.

Performanya pun tentu mengerikan. Tamborini T12 mengusung mesin 4-silinder inline 1.000cc berbasis BMW S1000RR. Dapur pacu yang disetting ulang tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 230 hp. Untuk diketahui, angka tersebut setara spesifikasi motor tim satelit di ajang balap MotoGP.

Dengan spesifikasi tersebut, tentunya motor ini tidak berstatus street-legal atau dilarang dikendarai di jalan raya bahkan, siap langusung digeber di lintasan balap. Namun, hal ini adalah tujuan Tamburini yang ingin menciptakan motor dengan handling terbaik, paling aman, dan paling ringan di dunia.

Sumber : www.otosia.com

viewed :: 1113
Berita Terkait Lainnya :