14 Mei 2018
SPORTS MOBIL

Mercedes Bantah Desak Pirelli Ubah Spek Ban F1


Toto Wolff membantah rumor bahwa Pirelli mengubah spesifikasi ban Formula 1 untuk GP Spanyol karena ada desakan dari Mercedes.

Pirelli mendatangkan spesifikasi ban yang lebih tipis setelah sejumlah tim mengalami masalah overheating pada tes pramusim bulan Maret lalu. Waktu itu sirkuit Barcelona juga baru saja dilakukan aspal ulang.

Di balik layar, beberapa tim menunjuk Mercedes sebagai pihak yang paling diuntungkan karena skuat Panah Perak itu kesulitan saat testing. Perubahan spek ban ini juga akan dibawa ke Silverstone dan Paul Ricard.

Pada kualifikasi Sabtu (12/5) Lewis Hamilton merebut pole pertamanya sejak ronde pembuka di Melbourne. Sementara Valtteri Bottas melengkapi raihan start 1-2 Mercedes.

"Sampah itu," jawab Wolff menanggapi rumor Mercedes mempengaruhi keputusan Pirelli. "Ban semua tim lain juga melepuh waktu tes di Barcelona. Kami, Red Bull, Ferrari, dan McLaren mengetahuinya. Ban itu tidak akan bertahan saat balapan.

"Oleh karena itu Pirelli mengubah ketebalan bannya untuk mencegah pelepuhan, dan mereka telah berhasil karena hari ini kita tidak melihat ada mobil yang mengalami masalah itu.

"Jadi saya tidak mengerti dari mana rumor ini, bahwa kami mempengaruhi Pirelli dan FIA untuk mengubah spesifikasi ban."

Tapi Wolff mengakui bahwa kondisi dingin di Barcelona membuat mobil Mercedes tampil lebih kuat.

"Sepertinya kami lebih kompetitif ketika kondisi dan suhu lintasannya lebih dingin. Pola ini sudah kita lihat sejak beberapa tahun lalu.

"Jadi kami sedang berusaha membuat sistem yang bisa mengubah iklim kemanapun kami pergi," canda Wolff.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 134
Berita Terkait Lainnya :