17 April 2018
SPORTS MOBIL

Indycar Long Beach: Rossi Torehkan Kemenangan Dominan


Alexander Rossi meneruskan tren positifnya pada awal musim dengan menorehkan kemenangan pertama musim ini di Long Beach. Pebalap Andretti Autosport itu menahan Will Power dalam duel akhir balapan.

Start dari pole, Rossi langsung melenggang untuk memimpin balapan. Sementara Power mengalami start yang buruk, tapi kemudian kembali ke posisi kedua.

Di sisi luar, Graham Rahal menyenggol Simon Pagenaud, dan membuat Penske #22 yang dikemudikan Pagenaud melintir dan menghantam tembok. Rahal naik ke posisi ketiga, namun pengawas balapan menganjarnya drive-through penalty atas insiden tersebut.

Ryan-Hunter Reay menyerempet bagian kiri belakang mobil Scott Dixon, ia pun harus menuju pit untuk mengganti sayap depan.

Lap 7, Tony Kanaan mendahului Robert Wickens untuk posisi ketujuh, sementara Rossi sudah membangun jarak hingga 3,5 detik atas Power, yang dibuntuti oleh Josef Newgarden, James Hinchcliffe, dan Sebastien Bourdais di belakangnya.

Empat lap kemudian, setelah menggunakan push-to-pass, Hinchcliffe melakukan kesalahan yang membuatnya merosot hingga posisi kesembilan, di belakang Sebastien Bourdais, Kanaan, Robert Wickens, dan Jordan King.

Hinchcliffe pun mengambil keputusan untuk beralih menjadi strategi tiga kali pit, ia mengikuti Rahal dan Ed Jones yang menggunakan strategi tersebut lebih dulu.

Dua lap kemudian, Josef Newgarden dan Matheus Leist menjadi pebalap pertama yang melakukan pit.

Rossi menuju pit bermodalkan keunggulan 3,5 detik pada Lap 25, berbarengan dengan Marco Andretti dan Max Chilton.

Itu membuat Power, Scott Dixon, Bourdais, dan King yang terlihat sangat impresif, memburu beberapa lap cepat sebelum melakukan pit pertama dari dua pit yang mereka rencanakan.

King masuk pit pada Lap 28, sementara Power, yang terhambat mobil lainnya, dan membuat keunggulannya dari Dixon menyusut dari 2,5 menjadi 1,5 detik, masuk pit satu putaran setelahnya.

Dixon dan Bourdais mengikutinya menuju pit, Dixon keluar lebih dulu dari Power, posisi pebalap Penske itu pun kembali turun setelah disalip Newgarden dengan ban yang sudah panas. Hunter-Reay sempat memimpin satu lap sebelum menuju pit.

Rossi kembali berada di depan, unggul delapan detik dari Dixon, dibuntuti oleh Newgarden, Power, Bourdais, Kanaan, Jones, Hunter-Reay, king dan Hinchcliffe.

Sedangkan Rahal untuk ketiga kalinya menuju pit, yang kedua untuk pengisian bahan bakar dan penggantian ban.

Menggunakan ban strip merah (ban alternatif kompon lebih lunak), Bourdais menyalip Power yang menggunakan ban strip hitam (ban utama kompon lebih keras) dari sisi dalam untuk posisi keempat pada Lap 36, dan mengulangi manuver tersebut kepada Newgarden dua putaran berselang.

Jauh di belakang, Takuma Sato merebut posisi delapan dari King, sedangkan Newgarden melakukan pit kedua di Lap 39.

Memasuki paruh balapan, Dixon memangkas ketertinggalan dari Rossi menjadi 4 detik, lalu kemudian bendera kuning dikibaskan.

Mobil yang dikendalikan Kyle Kaiser mati jelang tikungan pertama, dan harus mendapatkan bump start.

Di saat bersamaan Kanaan menuju pit untuk mengganti ban dan mengisi bahan bakar, ia turun lima posisi menjadi posisi kesepuluh.

Tiga backmarker yang memisahkan Rossi dan Dixon membuat pebalap Andretti itu mendapat restart yang mulus pada Lap 47. Insiden kembali terjadi setelah Hunter-Reay bersenggolan dengan Sato, mengalami pecah ban, RHR menuju pitstop, membuatnya terjun ke posisi ke-19.

Alih-alih menyalip ketiga backmarker tersebut, Dixon disalip oleh Bourdais jelang Tikungan 1.

Namun, Bourdais diminta oleh pengawas balapan untuk memberi posisi dua setelah dianggap memanfaatkan pitlane exit untuk manuvernya.

Ia membiarkan Dixon menyalipnya, dan tak lama kemudian Bourdais kembali merebut posisi dua. Namun, kekacauan tersebut membuat pebalap Dale Coyne tertinggal tujuh detik dari Rossi.

Sadar dengan keunggulan atas pebalap di belakangnya, Rossi menuju pit pada Lap 56, dan melakukan pengaturan sayap depan, selain pengisian bahan bakar dan penggantian ban.

Setelah mendahului barisan backmarker yang menghambat Dixon, Power mulai mencatatkan beberapa lap kencang sebelum menuju pit di Lap 59, King juga mengikutinya menuju pit.

Lalu bendera kuning kembali dikibaskan, Zachary Claman De Melo menabrak tembok. Kesempataan ini dilakukan Dixon dan Bourdais menuju pit.

Namun menurut IndyCar, Dixon melakukan pitstop setelah pitlane ditutup, sementara Bourdais menuju pit setelah dibuka.

Rossi berada di depan Dixon, Power, Jones, dan Zach Veach saat restart pada Lap 66 dari 85. Namun Dixon diganjar drive-through penalty, yang dijalaninya dua putaran berselang.

Newgarden mendahului Charlie Kimball untuk posisi kedelapan, dua putaran kemudian, giliran Rahal menyalip Andretti dan naik menuju P5.

17 lap tersisa, Power mencoba mengejar ketertinggalan 2,4 detik atas Rossi. Meski menggunakan push to pass, Power tidak bisa mendekat ke Rossi.

Insiden kembali terjadi di hairpin terakhir Lap 71, saat King, yang mengalami masalah rem mengambil sisi dalam dan menyenggol Bourdais, membuatnya melintir.

Kejadian ini membuat lintasan tertutup bagi pebalap yang berada di belakang, termasuk Wickens, Hunter-Reay. Bourdais kembali menuju pit untuk melakukan penggantian sayap depan.

Dengan balapan menyisakan kurang dari 15 lap, backmarker ditempatkan di barisan belakang, memberi Jonses kesempatan untuk bertarung dengan Power.

Namun, saat restart pada Lap 76, Jones digempur habis-habisan oleh Veach, yang baru promosi dari Indy Lights. Sang rookie juga mendapat tekanan dari Rahal yang mengintai di belakangnya.

Power berusaha sekuat tenaga untuk mendahului Rossi pada lap terakhir, namun pemenang Indy500 2016 mampu mempertahankan posisinya, unggul 1,24 detik.

Tertinggal delapan detik, Jones finis ketiga, menyamai pencapaian terbaiknya di IndyCar, dan podium pertamanya bersama Ganassi.

Veach menyelesaikan balapan di posisi empat, di depan Rahal, Andretti, Newgarden, Kanaan, Hinchcliffe, dan Kimball.

Hasil ini menempatkan Rossi sebagai pemuncak klasemen, unggul 22 poin atas Newgarden.


Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 199
Berita Terkait Lainnya :