16 April 2018
SPORTS MOBIL

GP China : Ricciardo Menang Di Shanghai, Bottas Kedua


Daniel Ricciardo keluar sebagai pemenang Grand Prix China 2018. Pebalap Red Bull itu mengalahkan pebalap Mercedes Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen (Ferrari).

Dalam balapan di Sirkuit Shanghai, Minggu (15/4/2018), balapan sempat dipimpin tiga pebalap. Sebastian Vettel sempat memimpin di awal, kemudian disalip Bottas, sebelum diambil alih Ricciardo.

Sempat terjadi insiden yang melibatkan dua pebalap Toro Rosso yakni Brendon Hartley dan Pierre Gasly serta Vettel dengan driver Red Bull Max Verstappen.

Hingga finis, Ricciardo mempertahankan posisinya sekaligus meraih kemenangan pertamanya musim ini. Tempat kedua hingga lima diisi Bottas, Raikkonen, Hamilton, dan Verstappen.

Kemudian ditempat keenam hingga sepuluh diisi Nico Hulkenberg, Fernando Alonso, Vettel, Carlos Sainz, dan Kevin Magnussen.

Jalannya Balapan
Start berlangsung lancar. Vettel yang meraih pole, bisa mengamankan posisinya terdepannya. Sementara Kimi Raikkonen harus melorot ke posisi empat usai disalip Valtteri Bottas dan Max Verstappen. Hamilton yang kesulitan sejak kualifikasi, tertahan di posisi lima, diikuti Daniel Ricciardo. 

Posisi bertahan hingga lap ketiga. Vettel, Bottas, Verstappen, Raikkonen, Hamilton, Ricciardo, Nico Hulkenberg, Carlos Sainz, Romain Grosjean, dan Kevin Magnussen mengisi line up sepuluh besar.

Pertarungan menarik terjadi di lap kesembilan. Grosjean dan Fernando Alonso terlibat duel di tikungan ke-14. Grosjean memenangi duel itu dengan bisa mempertahankan posisinya di peringkat kedelapan.

Vettel baru kehilangan posisinya di lap ke-21, ketika masuk pit untuk mengganti ban. Saat masuk pit, posisinya diambil Raikkonen. Pada lap ke-27, Raikkonen kehilangan posisinya usai disalip Bottas, yang sebelumnya sudah mengganti ban di lap ke-20. Vettel pun naik ke posisi dua, namun Bottas punya kecepatan yang cukup baik.

Pada lap ke-31, insiden terjadi di Tikungan ke-14. Dua pebalap Toro Rosso yakni Brendon Hartley dan Pierre Gasly bersenggolan di tikungan ke-14 yang berjeni hairpin. Safety car pun masuk, Gasly pun dikenai penalti 10 detik.

Di lap ke-39, terjadi duel antara Verstappen dan Hamilton. Verstappen yang coba menyalip sang juara bertahan di lap ketujuh, gagal, dan meluncur keluar trek. Keluarnya Vestappen dimanfaatkan oleh Ricciardo yang naik ke peringkat lima.

Perlahan tapi pasti, Ricciardo melesat. Ia bisa menyalip Hamilton di lap ke-41. Tak lama kemudian, Hamilton disalip lagi oleh Verstappen. Kini posisi pebalap terdepan adalah Bottas, Vettel, Ricciardo, Verstappen, dan Hamilton.

Ricciardo kemudian melancarkan serangannya ke Vettel dan bisa mengklaim posisi dua. Tak lama kemudian, Vettel terlibat insiden dengan Verstappen usai mobilnya disenggol di lap ke-43.

Vettel melorot ke peringkat tujuh karena insiden itu, sementara Verstappen dikenai penalti 10 detik. Momen itu dimanfaatkan Raikkonen untuk naik ke peringkat tiga, setelah Hamilton sempat melebar sebelum insiden itu.

Pesona Ricciardo berlanjut di lap ke-46. Ia mengambil alih jalannya balapan dengan menyalip Bottas di tikungan ke-14. Ia mengambil sisi dalam trek saat memasuki tikungan dan merebut posisi pertama.

Memasuki lap ke-50, Ricciardo melesat dengan unggul 4,3 detik dari Bottas. Sementara Raikkonen di peringkat ketiga, disusul Verstappen yang naik ke posisi empat dengan menyalip Hamilton, tapi harus diingat Verstappen sudah kena penalti.

Memasuki tiga lap terakhir, Ricciardo yang terus menjauh menyisakan duel perebutan posisi kedua. Bottas mendapat tekanan dari Raikkonen dan Verstappen yang terus mendekat.

Hingga finis, posisi teratas tak berubah. Ricciardo memenangi balapan, disusul Bottas dan Raikkonen. Verstappen menempati posisi empat dan Hamilton di peringkat lima. Tapi Verstappen turun ke peringkat lima karena dikenai penalti. Kemudian Hulkenberg, Alonso, Vettel, Sainz, dan Magnussen menutup sepuluh besar.

Di tempat ke-11 hingga 15 diisi Esteban Ocon, Sergio Perez, Stoffel Vandoorne, Lance Stroll, dan Sergey Sirotkin. Sementara Marcus Ericsson, Grosjean, Gasly, Charles, dan Lelerc mengisi posisi 16 hingga 19. Hartley menjadi satu-satunya pebalap yang gagal menyelesaikan balapan. 

Sumber : sport.detik.com/f1/

viewed :: 175
Berita Terkait Lainnya :