17 April 2018
HEADLINE MOBIL

MPV Naik Daun Bisa Bikin Jenis Mobil Lain Melempem


Mobil MPV saat ini jadi primadona di pasar roda empat Indonesia. Bukan hanya untuk mobil pribadi, namun MPV juga digunakan sebagai transportasi online yang jadi tren di Indonesia karena dianggap memudahkan mobilitas masyarakat pada umumnya. Hal ini bisa berakibat penjualan jenis mobil lain melempem.

Seperti yang disampaikan Wakil Kepala Bidang Penelitian Lembaga Penelitian Ekonomi Manajemen Universitas Indonesia (LPEM-UI), Kiki Verico, mobil MPV bisa menimbulkan kekhawatiran bagi jenis mobil lain. 

"Saya khawatir tuh lama-lama memang kendaraan passanger yang banyak, itu yang memang yang demandnya tinggi," ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

Untuk itu, kata Kiki, mulai saat ini sektor industri otomotif Indonesia jangan terlalu terbuai dengan keuntungan yang diraih dari mobil MPV. Justru harus memikirkan jenis mobil lain yang cocok memenuhi permintaan dan kebutuhan masyarakat, seperti halnya mobil MPV.

"Menurut saya sih otomotif harus memikirkan strategi melihat demand yang seperti ini struktur permintaan yang seperti ini, kendaraan seperti apa yang cocok untuk share zone (mobil MPV)," tuturnya.


Jika tidak, maka pada akhirnya mobil MPV akan terus berkembang sementara mobil jenis lain stagnan karena kemudahan dan berbagai macam keuntungan yang ada pada mobil MPV. Meski, tidak semua masyarakat memilih mobil MPV.

"Nah nanti kita akan lihat tuh permintaan mobilnya akan naik yang cocok dengan share car (mobil penumpang/mobi bersama), ujung-ujungnya MPV lagi, sementara yang ini nggak berkembang," lanjut Kiki. 

Sumber : oto.detik.com

viewed :: 1117
Berita Terkait Lainnya :