12 April 2018
SPORTS MOBIL

Porsche LMP1 Modifikasi Pecahkan Rekor F1


Porsche's 919 Hybrid LMP1 telah memecahkan catatan waktu Lewis Hamilton pada F1 2017 di Sirkuit Spa-Francorchamps.

Mantan kampiun FIA WEC Neel Jani mencatatakan waktu 1 menit 41,770 detik saat mengemudikan 919 Hybrid Evo, hari Senin di tempat penyelenggaraan F1 Belgia.

Rekor sebelumnya dipegang Lewis Hamilton dengan waktu 1 menit 42,553 detik, yang sebelumnya merupakan lap tercepat di sirkuit sepanjang 7,004 km tersebut.

Porsche tengah mengadakan “World Tour” bersama mobil 919 LMP1 yang tidak jadi dilombakan karena mundurnya tim tersebut dari ajang WEC. Beberapa modifikasi dilakukan untuk menunjukkan kemampuan mobil tersebut terlepas dari regulasi FIA.

Bos Porsche LMP1 Andreas Seidl berujar,”Kesuksesan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh tim, serta menjadi hari yang membanggakan bagi para insinyur. Semuanya harus berterima kasih kepada Neel dan seluruh kru atas pencapaian ini.

“Keenam pebalap LMP1 musim 2017 turut andil dalam proyek ini. Target kami adalah menunjukkan kemampuan Porsche 919 Hybrid dengan mengesampingkan regulasi WEC.

“Beberapa perubahan yang kami terapkan pada 919 Evo adalah diffuser depan dan sayap belakang yang diperbesar, penambahan DRS depan dan belakang, serta penambahan daya. Jani mampu meraih top speed 359 kpj (223 mpj) berkat mesin modifikasi 2,0 liter V4 yang menghasilkan 720 daya kuda. Dalam regulasi WEC yang mengatur aliran bahan bakar, tenaga maksimal yang diperbolehkan hanya 500 daya kuda.


Sistem hybrid turut membantu penambahan tenaga sebesar 40 daya kuda.

“919 Evo sungguh impresif dan brutal,”komentar Jani. “Inilah mobil tercepat yang pernah saya kemudikan. Daya cengkeram mobil ini juga belum pernah saya rasakan sebelumnya.

“Kami tidak hanya mengalahkan rekor pole position F1 2017. Catatan waktu hari ini juga 12 detik lebih cepat dari rekor pole WEC kami tahun lalu!

“Tiga hari yang intens telah kami lalui di Spa. Saya telah menyadari sejak lap pertama di pagi hari bahwa performa mobil ini sungguh luar biasa. Para mekanik telah mempersiapkan mobil ini sebaik mungkin. Ban Michelin [yang terpasang di mobil] pun terasa sensasional.”

Porsche 919 Evo akan kembali beraksi untuk menyambut balapan Nurburgring 24 Jam, Mei. Rencananya, beberapa acara serta lintasan seperti Goodwood Festival of Speed (Juli), Brands Hatch (September), dan Laguna Seca (Oktober) akan menjadi ajang untuk memamerkan mobil tersebut.

Sumber : id.motorsport.com

viewed :: 138
Berita Terkait Lainnya :