13 Januari 2021
TIPS MOTOR

Tips Merawat Pengereman Motor


Kita bisa tenang dalam mengendarai motor dengan kecepatan tinggi atau rendah jika rem kita bekerja dengan maksimal. Rem merupakan salah satu piranti motor yang penting untuk keselamatan kita. Namun bagaimana kalau Rem motor kita tidak bekerja dengan baik?

Agar sistem rem cakram atau tromol bisa bekerja maksimal maka perawatan secara berkala adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Biasanya untuk pengecekan berkala pada sistem pengereman yang menggunakan cakram dilakukan 2 bulan sekali, terutama cakram modifikasi.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu melepaskan dua baut pada kaliper menggunakan obeng min (-). Karena di bawah baut tersebut terdapat baut L yang berfungsi sebagai baut sliding untuk kampas rem. Lalu lepaskan kaliper dari cakram dengan membuka baut dengan kunci pas.

Setelah kaliper terlepas dari cakram, kemudian lepas juga bracket rem. Jika bracket kering, bisa diberi oli. Bila sudah dilakukan, maka harus memeriksa piston dari kaliper. Apabila terdapat debu pada piston sebaiknya bersihkan dengan menggunakan sikat kawat. Setelah bersih maka teteskan oli untuk mempermudah gerakan piston.

Cek piston dengan cara menekan piston. Bila masih bisa bekerja, berarti tidak ada masalah. Tapi bila dengan menggunakan kekuatan tangan sudah sulit bekerja maka terdapat masalah pada kaliper.

Jika kampas rem sudah aus maka secepatnya ganti dengan yang baru agar lebih aman. Jangan lupa untuk mengecek oli rem yang terdapat pada master rem, bila olinya kurang, tambahkan dengan oli rem yang sesuai dengan kendaraan roda dua. Tetapi sebelumnya anda harus mengecek terlebih pada selang-selang minyak, ada kebocoran atau tidak.     [w33]

viewed :: 12632

Berita Terkait Lainnya :