11 Januari 2018
GARASI MOTOR

Motor Yamaha Yang Meluncur Di 2018


Diperkenalkan 2017, empat Yamaha yang terdiri dari MT-09 SP, Tracer 900 GT, MT 10 dan Niken dipastikan meluncur di pasar pada 2018. Dilansir dari Motorrad, semuanya dipastikan mendapatkan bodi dan tenaga baru.  

1. Yamaha MT-09

Unit ini mendapatkan perubahan paling besar, menerima peningkatan penuh pada sistem suspensi depan dengan fork desain baru. Fork berukuran 41mm dengan kompresi baru pada bagian kiri sementara penyesuaian dibuat pada tabung sebelah kanan.

Masih mempertahankan konfigurasi mesin yang ada, Yamaha MT-09 2017 ini didukung mesin tiga silinder 845cc DOHC 4 katup yang menghasilkan 116PS pada 10,000 rpm dengan 87 Nm pada 8,500rpm.

Bagian kosmetik juga berubah dengan penampilan yang "dipindahkan" dari MT-10. Menggunakan lampu halogen tapi kini datang dengan desain sepasang "mata" LED ala Transformers. Peringkat lampu membelok ke sisi radiator dan posisi instrumen meter ditolak sesikit ke depan.

Lampu belakang model 2017 ini juga jenis LED yang terpasang pada sub-frame ekor belakang yang nampak lebih pendek pendek, kurang 1 -2 inci dibandingkan model sebelumnya.

Model ini juga dilengkapi dengan tiga pilihan warna baru. Badan kelabu dengan rim kuning fluorescent, badan biru dan rim biru, serta warna hitam matt sepenuhnya.

2. Yamaha Tracer 900 GT

Merupakan motor sport touring, yang menjadi salah satu unggulan Yamaha di pameran sepeda motor (EICMA), di Milan, Italia, pada 6 November 2017 dan mulai dipasarkan pada Maret 2018.

Tracer 900 GT merupakan pengembangan terbaru Yamaha yang menawarkan kemampuan touring lebih baik. Berkapasitas 847cc, menawarkan torsi linier yang memberikan kenyamanan dalam berkendara. Mesin itu menghasilkan tenaga 113bhp pada 10.000 rpm.

Tracer 900 vesi 2018 dilengkapi kaca pelindung cuaca di bagian depan yang lebih besar. Sementara pijakan kaki penumpang direvisi untuk meningkatkan kenyamanan selama berkendara.

Secara estetika, perubahan halus telah dilakukan pada panel bodi dan penutup untuk memperbaiki penampilan dan kualitas model. Ini termasuk area intake udara baru di bagian depan (cowl) dan tangki bahan bakar yang didesain ulang serta sidepanels dan sayap samping. Hasilnya adalah mesin premium yang disempurnakan.

3. Yamaha MT 10

Hadir untuk melengkapi keluarga dari MT Series yang dilengkapi dengan mesin empat silinder cross-plane dari R1. Menurut pihak Yamaha motor ini disetel untuk torsi yang lebih rendah pada kelas mid-range.

Yamaha telah mengembangkan sebuah motor all-new yang memiliki potensi untuk menantang para kompetitor di kelas naked bike. MT-10 siap memenuhi harapan pengguna untuk dapat berkendara dimana saja, kapan saja, dan tetap memiliki kecepatan

Motor basis dari All New Yamaha R1 mempunyai alumunium deltabox menjadi penyangga mesin 998cc crossplane. Hanya saja ada beberapa setting yang dirubah untuk menyesuaikan karakter MT series ini.

MT-10 juga sudah dibekali dengan beberapa teknologi seperti YCC-T, D-Mode dan traction control system. Selain itu assist dan slipper clutch juga ditanamkan untuk memanjakan penggunanya ketika menaik turunkan transmisi.

Bila melihat desain yang disajikan sangatlah radikal, gambaran sebagai king of MT. Tampilan headlamp dengan reflektor dual berbentuk bulat kecil menjadikan sorotan mata MT-10 terlihat garang.

4 Yamaha Niken

Unit yang dibekali sasis MT-09, menggabungkan desain agresif naked bike dengan sepasang roda depan. Kedua roda depan pun bisa bergerak independen dan masing-masing roda depan dengan sepasang suspensi.

Ini leaning multi-wheeler (LMW) bermesin besar. Teknologi yang ada pada LMW mampu mengurangi efek perubahan jalan dan memberikan stabilitas tinggi ketika berbelok.

Secara dimensi, motor ini punya postur panjang 2.150 mm, lebar 885 mm dan tinggi 1.250 mm. Mesinnya tiga silinder segaris, 4-tak, DOHC, pendingin cairan dengan teknologi crossplane.

Sebagai informasi, nama Niken sendiri merupakan penggabungan dua bahasa Jepang. Ni berarti dua, dan Ken adalah pedang.

viewed :: 1152
Berita Terkait Lainnya :