27 November 2017
HEADLINE MOTOR

Daftar Motor Kurang Diminati Selama Oktober 2017


Penjualan sepeda motor di Indonesia selama bulan Oktober mengalami peningkatan sebesar 32.915 unit dari penjualan September. Rinciannya, pada September hanya membukukan 546,607 unit sementara pada Oktober menjadi 579,552 unit.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), ada beberapa jenis sepeda motor yang kurang diminati oleh masyarakat, meskipun ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Untuk motor bebek, hampir semua merek produsen motor di Indonesia memilikinya. Honda musalnya menawarkan beberapa pilihan motor bebek yakni Honda Supra X125 Fi, Supra X125 Helm In Fi, Honda Blade 125Fi dan Honda Revo Fit Fi, Revo X Fi.

Dari 5 tipe motor bebek Honda yang ditawarkan, Honda Supra X125 Helm in Fi kurang diminati oleh masyarakat, di bulan Oktober penjualan Supra X125 Helm in Fi di angka 558 unit.

Jika dilihat sejak Januari 2017, penjualan Honda Supra X125 Helm In memang kurang stabil, terlebih memasuki semester dua, penjualan Honda Supra X125 Helm in pernah di angka 199 unit pada Juni.

Selain Honda Supra, motor bebek dari Suzuki yakni Suzuki Smash Fi juga kurang diminati. Sejak Januari sampai Oktober, Suzuki Smash mencatatkan angka penjualan 2.600 unit.

Suzuki Smash memang sempat hilang dari pasaran, namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W menghidupkannya kembali dengan sentuhan teknologi fuel injection.

Sejak dikeluarkannya Suzuki Smash Fi, penjualan tertinggi Suzuki Smash ada di bulan April yang mencapai angka 559 unit, sedangkan di Oktober hanya 233 unit.

Yohan Yahya, selaku Sales & Marketing 2W Dept. Head PT. SIS mengatakan, trend pasar motor bebek mulai berkurang tapi masih memiliki peminat meski tidak besar.

“Pasarnya masih ada tapi memang tidak besar, kalau Suzuki memang kami menyasar untuk masyarakat di luar pulau Jawa seperti Kalimantan dan Sumatera,” ujar Yohan.

Yohan menambahkan, Suzuki sendiri menghadirkan Smash Fi tidak mengejar pasar trend model tapi untuk pasar fleet dan instansi.

“Kami memang tidak ngejar pasar trend model, tapi lebih ke fleet dan instansi pemerintahan, karena kami menyasar ke fungsinya,” tambah Yohan.

Selain Honda Supra X125 Helm In Fi dan Suzuki Smash yang kurang diminati, motor skutik TVS yakni TVS Dazz Fi yang dibanderol Rp 12.8 juta juga sepi peminat. Sejak Januari-Oktober hanya terjual 139 unit.

Sedangkan dari Yamaha, motor sport touring Yamaha Byson Fi juga kurang mendapatkan sambutan yang bagus. Sejak Januari-Oktober 2017, Yamaha Byson hanya terjual 651 unit. Sedangkan di Oktober hanya terjual 86 unit.

Berikut Daftar Motor Kurang Diminati Selama Oktober 2017 :
- TVS Dazz Fi, 17 unit
- Yamaha Byson Fi, 86 unit
- Suzuki Smahs Fi, 233 unit
- Honda Supra X125 Helm In, 558 unit

viewed :: 129
Berita Terkait Lainnya :