21 Juli 2019
SHOWROOM MOTOR

Sepeda Motor Bermesin HD Ganda


Coba amati, kesan pertama pasti bermacam-macam. Panjang, aneh dan radikal. Itulah maksud dan tujuan Christoph Madaus, builder German Motorcycle Authority di Munich, Jerman ketika menampakkan sepeda motor yang diberi nama TwinTrax ini.

Panjangnya 2,7 meter. Ketika ditimbang, berat mencapai 400 kg! Lebih teliti lagi, ternyata mesinnya dobel, pakai dua jantung Harley-Davidson 1.340cc. Berarti punya empat silinder! Jika satu unit mesin bertenaga 80 PS, kalau digabungkan menjadi 160 PS.

Seluruh bodi diselimuti  logam. Kesannya rumit dan radikal dengan banyak sudut. Karena panjangnya yang "tidak umum", penunggang harus "rebah dada" mengikuti tangki bahan bakar. Posisi ini sangat pas untuk  drag race. Rake 63 derajat menjanjikan kestabilan saat laju kencang.

Madaus juga melengkapi karyanya dengan lampu dan kaca agar bisa digeber di jalanan umum. Karena kencang, butuh tiga kaliper rem dengan enam piston untuk menahan lajunya. Dua di depan dan satu di belakang. Empat pipa gas buang diringkas menjadi dua, diletakkan di bawah jok.

Kreasi canggih tangan terampil Jerman ini, pembangunannya membutuhkan waktu cukup lama. Madaus mengaku untuk sampai sesuai dengan keinginannya, 12 tahun.      ..... (wee)


viewed :: 14822
Berita Terkait Lainnya :