15 November 2017
HEADLINE MOBIL

Asal Usul Logo Kuda Jingkrak Ferrari


Bila kita berbicara soal mobil sport cepat dan mewah, salah satu yang disebut pastinya Ferrari. Ya, pabrikan mobil asal Italia yang telah berdiri sejak 1947 ini memang tersohor berkat deretan mobil sport mewah berharga selangit. Mobil Ferrari ini primadona bagi para kaum kaya dunia.

Berbicara Ferrari sudah barang pasti lekat hubungannya dengan logo "kuda jingkrak" yang begitu ikonik. Logo kuda hitam tengah berjingkrak dengan latar warna kuning emas sudah kadung identik dengan urusan kecepatan di lini otomotif.

Tapi tahukah Anda jika sebenarnya ide logo "kuda jingkrak" Ferrari nan gagah tersebut merupakan saran dari seorang ibu rumah tangga.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman Auto Drive, ide gambar kuda jingkrak sebagai logo Ferrari dicetuskan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Countess Paolina.

Patut diketahui, Countess Paolina adalah ibu dari pahlawan Italia di perang dunia pertama bernama Francesco Baracca. Francesco ini merupakan pilot pesawat tempur Italia yang namanya cukup melegenda.

Pada tahun 1923 Enzo Ferrari--sang pendiri Ferarri-- bertemu dengan Paolina di sebuah acara jamuan makan malam. Di pertemuan tersebut Paolina menyarankan Enzo untuk menempelkan lambang kuda pada mobil balapnya.

Lambang kuda yang dimaksudkan Paolina adalah lambang kuda jingkrak yang yang merupakan lambang kesatuan pesawat tempur militer Italia.

Enzo pun menuruti saran Paolina, dan menempelkan lambang kuda dengan latar perisai berwarna kuning di mobil Alfa Romeo-nya pada gelaran Spa Frand Prix Belogia yang berlangsung tahun 1932.

Ketika Enzo sudah memiliki cukup modal untuk membuat sebuah perusahaan mobil, tahun 1947 lahirlah Ferrari 125 S yang merupakan mobil pertama yang dibangun di Maranello, Italia.

Mobil ini menampilkan sebuah emblem berbentuk kotak di kap mesin dengan bendera Italia di bagian atas. Sejak saat itu, lambang kuda jingkrak menjadi trade mark Farrari, dan belum pernah sekalipun mendapatkan perubahan signifikan.

viewed :: 118
Berita Terkait Lainnya :