13 September 2017
SPORTS MOTOR

Van der Mark Gantikan Rossi Di Aragon


Pebalap Yamaha World Superbike, Michael van der Mark, akan menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Aragon pada 24 September mendatang.

The Doctor mengalami kecelakaan saat latihan enduro akhir bulan lalu, yang kemudian memaksa ia harus absen di Misano, Minggu [10/9] kemarin.

Rossi memang telah menjalani operasi cedera patah tulang tibia dan fibula pada kaki kanannya, tapi dokter mengatakan, proses pemulihan memakan waktu 30 sampai 40 hari.

Dan kendati rehabilitasi berjalan lancar, Rossi juga diperkirakan tidak dapat tampil sebelum seri MotoGP Jepang, yang digelar pada 13-15 Oktober.

“Saya senang diberikan kesempatan mengendarai YZR-M1 pada seri MotoGP Aragon. Saya belum pernah mengendarai motor MotoGP, jadi ini akan menjadi pengalaman yang sama sekali baru,” tukas Van der Mark.

“Saya sangat penasaran melihat bagaimana rasanya mengendarai motor MotoGP. Saya sadar tidak akan mudah menjalani sesi latihan tanpa tes sebelumnya.

“Meski begitu, saya sangat berterima kasih kepada Yamaha atas kesempatan tersebut. Saya yakin ini akan menjadi pengalaman belajar yang hebat.”

Van der Mark adalah juara World Supersport 2014. Semusim berikutnya, ia debut di WorldSBK bersama pabrikan Honda, sebelum kemudian hijrah ke Yamaha pada awal 2017.

Kiprahnya di ajang WorldSBK terhitung bagus. Walau belum meraih podium, tapi ia tercatat tujuh kali finis lima besar. Saat ini, Van der Mark menempati peringkat ketujuh pada klasemen sementara.

Pebalap Belanda itu juga baru saja sukses mempersembahkan gelar juara Suzuka 8 Hours untuk Yamaha akhir Juli lalu. Pada balap ketahanan motor ini, Van der Mark tampil bersama Alex Lowes Katsuyuki Nakasuga.

Toh, paddock MotoGP terbilang tak asing bagi Van der Mark, yang mana ia pernah berkompetisi di kelas 125cc pada 2010 dan balapan Moto2 di Assen musim 2011.

“Hampir tidak mungkin bagi Valentino untuk fit dan balapan di Aragon. Yamaha memutuskan untuk mencari pengganti yang mampu dari dalam tim, pebalap yang terikat kontrak,” papar Managing Director Yamaha, Lin Jarvis.

“Setelah Katsuyuki Nakasuga menggantikan Jorge Lorenzo pada 2011 dan Alex Lowes sebagai pengganti Bradley Smith pada 2016, kami memutuskan, bahwa Michael van der Mark harus memiliki kesempatan kali ini.

“Tidak pernah mudah untuk menggantikan pebalap lain dan bahkan lebih sulit menggantikan Valentino Rossi. Tapi kami percaya Michael memiliki semua kemampuan dan pengalaman untuk melakukan pekerjaan dengan baik.

“Kami akan memberinya dukungan terbaik dan berharap setiap keberhasilan atas kesempatan yang menarik ini.”

viewed :: 158
Berita Terkait Lainnya :