11 Juni 2019
TIPS MOBIL

Ini Penyebab Lampu Berembun & Cara Mengatasinya


Sebelum mengupas bagaimana cara penyelesaiannya, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa air bisa ada di dalam rumah lampu kendaraan.
 
Saat temperatur di luar menurun dan panas lampu depan mulai mereda (karena panas matahari atau karena lampu dinyalakan), udara lembab akan perlahan masuk ke dalam rumah lampu. Udara yang masuk ke rumah lampu melewati lubang udara yang memang dimiliki setiap rumah lampu untuk mengurangi tekanan, atau bisa juga masuk melalui segel-segel yang longgar atau rusak.
 
Saat kondisi mika sedikit lebih dingin dari udara yang ada di bagian dalam rumah lampu, titik embun akan terkondensasi ke dalam mika. Hal ini normal, karena ketika udara luar mulai memanas seperti di pagi hari, embun akan menguap.
 
Tapi tidak semua kendaraan seperti itu, masih tergantung kebiasaan pemiliknya. Ada banyak pengendara yang lebih suka memarkir mobilnya di tempat teduh atau lembab seperti di parkir basement. Kondisi seperti inilah yang bisa mengumpulkan tidak hanya sedikit titik embun kecil tapi terlihat lebih seperti titik hujan ditambah kabut. Setelah dibiarkan cukup lama kolam renang air keruh pun tercipta di bagian bawah lampu.
 
Solusi pertama dan termudah yang bisa dilakukan adalah biarkan lampu depan menyala saat berkendara selama beberapa jam untuk menghilangkan titik air. Masalah lebih besar bila air sudah menggenang di bagian bawah, jalan paling benar adalah mencopot lampu dan dikeringkan. Gunakan sedikit alkohol untuk membersihkan dan membantu menguapkan sisa embun, ulangi beberapa kali.
 
Jemur di tempat kering di bawah sinar matahari atau didalam ruangan hangat, bisa juga diangin-angini. Periksa lubang udara agar tidak tersumbat, dan pasang kembali rumah lampu dengan benar. ( RV )

viewed :: 12111
Berita Terkait Lainnya :