12 September 2017
SPORTS MOTOR

Moto3 San Marino: Drama Kecelakaan Warnai Kemenangan Fenati


Romano Fenati benar-benar tak terbendung. Dalam balapan basah, dan diwarnai banyak kecelakaan, ia tampil impresif untuk meraih kemenangan perdana di Misano.

Hujan deras yang turun beberapa jam sebelum balapan, dan kemudian menyebabkan kondisi trek basah, sungguh menyulitkan para pebalap Moto3. Hampir setengah grid mengalami kecelakaan dalam balapan sepanjang 23 lap.

Tiga pebalap: Enea Bastianini, Niccolo Antonelli dan Marco Bezzecchi, meski sempat melanjutkan balapan, bahkan sampai terjatuh dua kali. Dan dari 31 pebalap yang berada di grid start, hanya ada 15 pebalap yang tercatat menyelesaikan balapan.

Selepas start, Fenati berada pada posisi keempat, di belakang Jorge Martin, Fabio Di Giannantonio dan Joan Mir. Dengan tenang, ia membuntuti para rivalnya dan naik di posisi kedua pada satu lap berikutnya.

Memasuki Lap 5, Fenati berhasil mengambil alih posisi terdepan dari Martin. Dan pada saat inilah, pebalap Italia itu membuat jarak dan mulai meninggalkan jauh para rivalnya.

Lap demi lap dilalui Fenati begitu konsisten. Ketika banyak pebalap yang terjatuh dan kehilangan posisi, ia melaju mulus dan solid. Pada Lap 9, sang pebalap telah unggul 10 detik lebih.

Menjelang berakhirnya balapan, Fenati justru tak mengendur. Ia terus memacu kencang motornya di lintasan basah. Ia akhirnya menang dengan keunggulan 28,594 detik atas Mir, yang finis kedua setelah Martin kecelakaan pada Lap 10.

Ini merupakan kemenangan perdana Fenati di Misano, dan yang pertama sejak lintasan basah Jerez 2012. Saat itu, ia finis dan unggul jauh 31 detik.

Kemenangan ini juga menjadi yang kesembilan bagi Fenati sepanjang kariernya di kelas Moto3, sejak melakoni debut pada 2012.

Di Giannantonio melengkapi podium, usai sang rival, Aron Canet terjatuh pada tiga lap terakhir. Philipp Oettl finis keempat, diikuti Nicolo Bulega dan Bo Bendsneyder.

Jakub Kornfeil, juga mengalami kecelakaan, berhasil merebut posisi ketujuh. Di belakangnya ada Albert Arenas dan Andrea Migno, yang membawa Sky Racing Team VR46 melengkapi sembilan besar.

Pebalap pengganti Darryn Binder, Jaume Masia, kembali menunjukkan performa apik. Ia berhasil finis ke-10, mengalahkan Manuel Pagliani dan Marcos Ramirez.

Dengan hasil ini, Mir tetap kokoh memimpin klasemen sementara. Ia mengoleksi 246 poin. Fenati naik ke peringkat kedua, menggusur Canet, dan menorehkan 185 poin.

Seri Moto3 berikutnya akan dihelat di Sirkuit Aragon, Spanyol pada 24 September mendatang.

viewed :: 175
Berita Terkait Lainnya :