16 Juli 2018
CLUB MOTOR

Komunitas Vespa ET4


Vespa ET4 lebih dulu muncul ketimbang tipe LX atau Vespa S. Scooter asal Italia ini mengaspal di tanah air mulai 2001 lalu lewat PT Dan Motor yang jadi APM Vespa saat itu. Lantaran unitnya yang beredar enggak banyak ET4 saat ini jadi incaran kolektor item pecinta Vespa.

Meskipun sekilas bentuknya mirip, antara Vespa ET4 dan LX punya banyak perbedaan. "Vespa ET4 bodinya lebih slim dibandingkan LX dan Vespa S, selain itu ciri khasnya punya lampu depan model oval dan roda ring 10 inci," bilang Rully Adam Mangapul pemilik Vespa ET4 lansiran 2001.       

Selain itu bila melihat detailnya ada dua varian ET4 yang meluncur di Indonesia. Secara tampilan bodi keduanya sama cuma logo atau emblemnya yang membedakan. Ada yang nempel logo Cung dan P/(P Coret), ini dibedakan tahun keluar ET4.

"Untuk logo Cung keluar lebih dulu 2001 dan 2002 kalau logo P/ keluar 2003-2005," timpal Lucky Setiawan pemilik ET4 keluaran 2002 yang mengendarai Vespa ini sejak 2008.

Selain bodi Vespa yang imut sistem pengabut ET4 belum dilengkapi dengan perangkat injeksi seperti yang dianut Vespa LX. Sedangkan untuk model karburatornya keluar dengan dua tipe yang berbeda. Keluaran awal aplikasi karburator merek Del' Orto model skep. "Sedangkan produksi 2002 akhir sampai 2005 menggunakan karburator berlabel Walbro model vakum," timpal Banon.

Selain tampilan standarnya, gaya American Style juga jadi rujukan pemilik Vespa ini. Ada beberapa tampilan yang harus di up grade seperti  pemasangan lampu depan model reflektor belah sedangkan head lamp aslinya model reflektor oval biasa dan pasang mika lampu sein kelir orange

"Untuk berburu head lamp American Style ini lumayan sulit karena enggak banyak toko variasi khusus Vespa menyediakan," jelas Yusuf Abdul Jamil pemilik ET4 berkelir merah.

Gaya Paman Sam juga bisa dikenali dengan pemasangan berbagai variasi yang nempel pada bodi motor. Paling simpel penempatan mata kucing, pada bagian sepatbor depan mata kucing berkelir orange dan tengah kelir merah. Lalu pasang fly screen pendek dan cover kaca spion krom. Sedangkan ET4 milik Dodit menganut variasi orisinil, seperti pemasangan fly screen original Vespa yang tinggi dan box bagasi belakang yang juga keluaran Vespa.

Untuk jok juga bisa dikreasikan dengan model single seater seperti yang dipakai pada Vespa milik Yusuf dan Lucky. Model sandaran bokong ini lebih ringkas dan terlihat lebih sporty apalagi tongkrongannya cocok dengan pemasangan fly scrren model pendek.  Nah, biar jelasnya berikut detail Vespa ET4.( w33 )



viewed :: 12568
Berita Terkait Lainnya :