12 Juli 2018
TIPS MOBIL

Tips Memilih Audio Yang Tepat


Mendengarkan musik di mobil saat berkendara sangatlah penting, terutama saat kita sedang berada di jam lalu lintas macet padat merayap yang bikin pikiran tidak karuan. Apalagi saat jam pulang kantor, karena kemacetan pasti membuat stress pengendara, kalau kita ditemani dengan lantunan musik dari audio kendaraan dijamin kepala makin stress.

Bagi Anda yang sadar akan pentingnya audio, pastinya ada kemauan atau ingin untuk memodifikasi sektor car audio Anda, bukan? Tapi jangan Jangan sampai salah memilih audio, karena dalam memodifikasi audio juga ada aturan main atau alirannya, tak ubahnya seperti modifikasi sektor eksterior saja lah. Pemilihan modifikasi car audio sangat lah mudah, salah satunya dengan mengetahui atau memahami jenis musik apa yang paling sering Anda dengar setiap saat, seperti musik R&B, jazz, techno, pop, dll.

Untuk hal ini, Balimodificationplus mau bagi-bagi pengertian dari berbagai macam aliran modifikasi car audio yang terdiri dari SPL (Sound Pressure Level), SQ (Sound Quality), SQL (Sound Quality Loud), dan Car Theater. Agar tidak salah pilih, berikut kami jelaskan satu persatu dari masing-masing aliran tersebut.

SPL (Sound Pressure Level)
SPL merupakan aliran modifikasi audio yang mengutamakan suara bas yang besar dan kencang. Ciri-ciri dari aliran SPL adalah subwoofer yang jumlahnya hanya sedikit, 1 atau 2 subwoofer. Tapi dengan spesifikasi khusus SPL, salah satunya dengan menggunakan box subwoofer yang ber-volume besar yang memilki hitungan volume yang matang, dan menggunakan speaker hanya di depan saja.

Power amplifier yang dipakai pada aliran ini adalah yang mempunyai tenaga yang besar untuk mengalirkan suara ke subwoofer, karena aliran SPL yang dituntut adalah "Loudness" yaitu kencang dan besar. Ciri yang lain adalah tidak adanya kosmetik. Mobil yang cocok untuk aliran SPL adalah mobil yang mempunyai kabin yang pendek seperti Suzuki Karimun, Suzuki Katana, Hyundai Atoz, Kia Visto, dll yang sejenis karena suara bas akan lebih optimal. Aliran ini digunakan untuk adu jantan, misalnya besar-besaran bas. Biasanya musik yang bertemakan SPL adalah aliran musik yang berajib-ajib ria layaknya Hip Hop, dan Black Music.

SQ (Sound Quality)
SQ adalah aliran yang mengutamakan detailing suara, semua frekuensi suara harus terdengar jelas dan jernih, dan semua suara harus berada di atas dashboard. Salah satu ciri aliran SQ adalah menggunakan speaker 3-way, menggunakan head unit yang berkualitas, adanya processor untuk mengatur Time Alignment agar bisa mengatur panggung suara supaya bisa di tengah, kemudian memakai power amplifier yang berkualitas. Selain itu juga tetap ada subwoofer namun yang khusus untuk SQ, sedangkan perangkat kosmetik biasanya ada di bagian kabin belakang untuk memberikan keistimean tersendiri mengenai kerapihanya. Tak lupa juga peredam kabin (lantai, pintu, bagasi, plafon, dashboard) untuk mencegah masuknya suara lain dari luar mobil, lalu menggunakan kabel-kabel yang mempunyai kualitas tinggi, dan tentunya komponen pasif cross-over untuk membuat suara mewah. Rumit, bukan?

Pastinya sedikit complicated ketimbang aliran sound lainnya, tapi wajar saja karena aliran SQ dituntut untuk bisa mengeluarkan suara yang "dynamic" yaitu suara yang mumpuni dinamika lagu sealami dan senatural mungkin. Mobil yang cocok untuk aliran SQ adalah mobil yang single cabin, seperti mobil MPV, makin panjang semakin bagus, dan juga mempunyai dashboard yang luas dan rata. Contoh mobil yang cocok untuk aliran SQ adalah, Honda Jazz, Honda Civic, Suzuki Aerio, Toyota Avanza/Daihatsu Xenia, dll. Biasanya aliran ini digunakan untuk orang yang mempunyai kuping emas, dan sering mendengarkan musik berjenis Audiophile, Jazz, Orchestra, symphony, dll. Pokoknya yang memiliki seni tersendiri bagi para pecintannya.

SQL (Sound Quality Loud)
SQL adalah aliran yang bertujuan untuk pamer car audio nya di saat kumpul-kumpul dengan klub/komunitas nya, atau bisa dibilang pada saat "nongkrong". Ciri aliran SQL adalah terdapat banyak speaker dan subwoofer, box subwoofer tidak besar seperti layaknya SPL tadi. Penggunaan kosmetik car audio ada pada bagian belakang atau bagasi. Yang dinilai dari aliran ini merupakan suara dari speaker dan subwoofer harus sama-sama kencang dan besar, dan suara subwoofer tidak boleh dominan. Bila berbicara tentang mobil khusus untuk aliran SQL, semua mobil bisa memakai aliran ini karena tidak ada syarat khusus mobil apa yang harus dipakai. Musik yang cocok untuk aliras SQL adalah musik yang yang sedikit mirip dengan SPL* dan juga lainnya seperti, trance, progressive, techno, R&B, dll.

Car Theater
Car Theater adalah aliran yang cocok diusung oleh tipe orang yang telah berkeluarga, seperti ingin memanjakan anaknya pada saat berkendara, atau pun bisa juga untuk orang yang senang nonton. Ciri dari aliran ini mudah sekali, salah satunya adalah dengan terdapatnya TV pada kendaraan, DVD, centre speaker untuk surround system-nya, kemudian terdapat konsole untuk bermain game, dan masih banyak lagi yang bertujuan untuk menghibur diri sendiri maupun orang lain sehingga makin betah untuk berada di dalam kendaraan. Mobil yang cocok sama seperti aliran SQL yaitu tidak ada syarat khusus. Biasanya musik yang cocok untuk aliran ini adalah musik konser.

Demikian sedikit info mengenai beragam aliran modifikasi audio yang telah banyak menjamur di kalangan dunia otomotif, jadi silakan aja pilih mana yang Anda suka.     ..... (w33)

viewed :: 13691
Berita Terkait Lainnya :