20 Juni 2017
SPORTS MOBIL

Tolak Penggunaan Halo, FIA Akan Perkenalkan 'Shield' Di GP Silverstone


Federasi Internasional Automotive (FIA), akan melakukan sesi uji coba tentang perangkat keamanan terbaru Formula One (F1) bernama Shield di Sirkuit Silverstone, Inggris. Jika berjalan dengan sempurna perangkat ini akan mulai diperkenalkan dalam setiap balapan di musim 2018.

Sebelumnya FIA sempat menciptakan perangkat keamanan bernama Halo. Namun sayangnya banyak pebalap yang menentang penggunaannya karena dinilai sangat berbahaya dan merusak estetika pada bentuk mobil.

Selain itu, kecelakaan mengerikan yang dialami pebalap McLaren, Fernando Alonso, pada Grand Prix (GP) Australia musim 2016 diperkirakan akan semakin parah jika menggunakan Halo. Pasalnya ketika mengalami kecelakaan hingga mobilnya terbalik, setiap pebalap akan kesulitan untuk keluar dari kokpit untuk meloloskan diri.

Oleh sebab itu F1 bersama dengan FIa telah mengevaluasi konsep untuk memperbaiki keselamatan kokpit pengemudi dan memastikan sesuatu bentuk perlindungan dari benda-benda asing atau puing-puing kecil di atas lintasan.

“Halo diujicobakan musim lalu. Namun tidak menghasilkan konsensus di antara tim dan pebalap atas penerapannya di atas lintasan. Hal tersebut dikarenakan estetikanya yang merusak pemandangan,” tulis sebuah pernyataan yang dikeluarkan FIA, menyadur dari F1i. 

viewed :: 173
Berita Terkait Lainnya :