19 Juni 2017
HEADLINE MOBIL

Gatso, Merek Mobil Yang Telah Terlupakan


Memiliki kemampuan untuk membangun merek mobil sendiri tentu sudah menjadi impian banyak orang. Namun, untuk mewujudkannya, tidak semudah di masa lalu.

Pada era selepas perang dunia kedua, banyak pabrikan mobil yang berdiri, namun hanya segelintir saja yang sanggup berdiri hingga hari ini.

Salah satu merek mobil yang telah punah adalah Gatso, didirikan oleh inventor, sekaligus pebalap asal Belanda, Maus Gatsonides,

Karya pertama Gatso adalah Gatso 4000, di desain oleh Jan Apetz dengan memanfaatkan sasis kepunyaan Mercury asal Amerika Serikat.

Berhubung dibangun oleh seorang pebalap, Gatso 4000 dipersejatai oleh dapur pacu V8 4.0 liter guna menghadapi balap reli marathon yang berat.

Namun, meskipun memiliki desain dasar, setiap konsumen berhak meminta apapun pada mobil yang dipesan, sehingga tida ada 2 Gatso yang sama persis.

Sepanjang sejarahnya, hanya 9 Gatso 4000 yang pernah di bangun, dan semuanya sudah musnah. 2 unit terakhir hancur di balap rallycross di akhir tahun 1950-an.

Sebenarnya Gatso memiliki 2 produk lagi, namun keduanya harus menghadapi kenyataan pahit untuk tidak dapat produksi karena pailit alias bangkrut.

Mobil kedua dari Gatso adalah 1500 Sport, hanya dibangun 1 unit prototipe dengan menggendong dapur pacu 6 silinder karya Fiat.

Sang pendiri Gatso, Maus Gatsonides, bahkan sempat menggunakan mobil tersebut dalam beberapa balapan. Namun, di satu balapan, mobil tersebut mengalami kecelakaan.

Gatso 1500 Sport kini sudah diperbaiki dan menghuni museum "The Gallery" di Brummen, Belanda, bersama dengan produk terakhir Gatso, yaitu Gatso KWIK.

viewed :: 134
Berita Terkait Lainnya :