17 Mei 2018
CLUB MOTOR

JRI, Komunitas Motor Yang Religius


Jangan pernah menganggap komunitas atau klub motor selalu identik dengan ugal-ugalan. Pasalnya, ada juga loh, diantaranya yang suka mengadakan kegiatan positif. Salah-satunya adalah komunitas Jelajah Optima Komunitas Adventure Motorcyle (JRI).    

Ya, komunitas bikers yang satu ini memang kerap mengadakan kegiatan pengajian Al Qur'an dan Hadist yang diadakan setiap malam Senin, Jum'at dan Sabtu.

"Komunitas JRI adalah komunitas yang berangkat dari persamaan aktivitas para bikers yang senang dengan pengajian Al Qur'an dan Al Hadist, di berbagai wilayah di Indonesia," ujar Fajar Nurul Nurilahi Admin Pengurus Pusat JRI kepada team redaksi.

Komunitas ini berdiri 1 Januari 2006, dari ajang berkomunikasi lewat sebuah grup milist, akhirnya mereka memutuskan untuk membentuk komunitas. Seiring berjalannya waktu komunitas ini pun kian berkembang. Dan, hingga saat ini jumlah anggotanya sudah mencapai 350 orang di seluruh Indonesia.

"Saat ini kita juga telah memiliki sekitar 33 chapter di seluruh nusantara," tambah Fajar menjelaskan.

Ia mengatakan, di komunitasnya setiap anggota akan diajarkan untuk mengaji. Begitu juga dengan para anggota perempuannya, mereka diwajibkan untuk menggunakan hijab sebagai wujud taat beragama Islam sesuai dengan Al Qur'an dan Hadits.

Tidak hanya itu, komunitas yang memiliki slogan "We Are Relegious Riders" ini juga kerap menerapkan nilai-nilai keislaman dalam setiap aspek kehidupan mereka. Seperti, ketika ada salah satu anggota pria yang memboceng perempuan yang bukan mahramnya. Maka ia akan diingatkan karena perbuatan tersebut tidak sesuai dengan syariat Islam.

"Di JRI juga tidak mengenal yang namanya pacaran. Yang ada adalah seperti taaruf sebuah proses menuju jenjang pernikahan," tegas Fajar.   

Selain mengadakan kegiatan pengajian. Komunitas ini juga kerap menggelar berbagai kegiatan positif lainnya, seperti safety riding course, bakti sosial, camping motorcyle  serta touring ke berbagai daerah di Indonesia.

"Kegiatan turing tersebut memang kerap kita lakukan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kita. Terlebih saat menjelajah pemandangan alam Indonesia yang memang sangat indah," tandas Fajar meyakinkan.     ..... [w33]



viewed :: 12584
Berita Terkait Lainnya :