13 Maret 2018
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Suzuki Jimny SJ410 1985 - Geledek Cilik


Bakat tidak bisa dipaksakan, dan biasanya dianggap sebagai sesuatu yang sudah digariskan. Sebagai orang tua yang pada zaman mudanya gemar modifikasi kendaraan kencang, Dadang pun melihat bakat pada putranya, M. Alghyfari. "Saya mulai memperhatikan ketika dia bisa mengemudikan mobil saat di bangku kelas 4 Sekolah Dasar," tutur suami dari Wiwik ini.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, nampaknya sang anak pun menampakkan ketertarikan yang tinggi pada cabang balap off-road. Maka dengan semangat 45, pengusaha asal Bekasi ini pun kemudian memfasilitasi bakat dan minat anaknya tersebut.

Tak tanggung-tanggung, sebuah kendaraan tubular custom pun disiapkan sang ayah untuk mengasah bakat buah hatinya ini. "Saya fokus bertempur di kelas G2.2 dulu," tutur Alghy. "Kelas ini saya pilih untuk mematangkan karakter nyetir. Jika nanti kemampuan nyetir saya sudah lebih baik, barulah memikirkan pindah ke kelas yang lebih tinggi," terangnya.

"Mesin besar jelas menjadi godaan yang menjanjikan. Namun saya sadar, bahwa untuk mengatur yang besar, terlebih dulu saya harus piawai mengatur yang kecil (cc kecil)," lanjutnya bersemangat. "Oleh karenanya saya harus bisa menguasai kendaraan ini terlebih dulu," tambah Alghy yang kini duduk di bangku SMP.

Jip tubular custom yang menjadi Kawah Candradimuka bagi Alghy ini, merupakan salah satu pencapaian engineering tersendiri bagi modifikator Indonesia. Kendaraan ini merupakan kumpulan berbagai tipe Suzuki. Sasis merupakan paduan antara Suzuki Escudo gen 2 dan Suzuki SJ410. Sedangkan kaki-kakinya sepenuhnya mengambil bahan dari Suzuki Escudo Gen 2. Mesin K10A non turbo dicomot dari Suzuki Wagon R versi Jepang. Sisanya merupakan menjadi hasil kreasi karya anak bangsa.

Sepertinya, harapan orang tua Alghy tidaklah bertepuk sebelah tangan. Alghy dan jip balapnya ini kini berhasil mencuri perhatian, karena prestasi yang ditorehkan di kelas G2.2. "Saya merasa belum menjadi yang terbaik, tapi akan terus diupayakan untuk menjadi yang terbaik," tutup Alghy. 

Spesifikasi
Sasis                             : customized
Bodi                               : customized
Mesin                             : K10A 4 inline DOHC 16 valve injeksion non turbo
Transmisi                       : Suzuki Vitara 5 speed manual
Transfercase                 : 2 speed part-time
Exhaust                         : custom
Gardan                         : Suzuki Escudo IFS (depan)
                                      : Suzuki Escudo solid axle  (belakang)
Final Gear                     : 5.13 : 1 OEM Vitara
Suspension                   : Kings by pass 10 inc  (depan/belakang)
Pelek                             : OEM Suzuki Escudo 2 door
Ban                               : Savero Komodo MT 27 x 8.5 x R15
Jok                                 : Sparco Evolution II
Bengkel                         : Yudhi Dacocan
 Jl. Terusan logam (Ciganitri) jl. Kubang mas 2 no 5 Buah Batu , Bandung
                                      Telp :  082117355799

viewed :: 1461
Berita Terkait Lainnya :