12 Maret 2018
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Toyota All New Hilux 2015 - Tidak Sederhana Lagi


Saking tangguhnya Toyota Hilux, Jeremy Clarkson (ketika masih di Top Gear), pernah mengujinya melalui beberapa siksaan konyol. Dia membeli Hilux tua dari sebuah peternakan. Tanpa perbaikan apapun, langsung diajak jalan melewati tangga, menabrak pohon hingga terpaksa mencopot fender depan, hingga meninggalkannya di pantai dan tenggelam diterjang air laut pasang.

Setelah lima jam tenggelam diserang ombak, si Hilux dihidupkan kembali. Tanpa penggantian sparepart, hanya seorang mekanik bermodal kunci-kunci sederhana dan pelumas WD40! Dia hanya membersihkan komponen mesin selama 40 menit, dan Hilux pun meraung kembali!

Bukan sekadar dihidupkan, tapi sang Hilux dibawa jalan ke trek pengujian mereka. Di sana, Hilux dijatuhkan dari crane, ditabrakkan ke cottage kayu, lantas dijatuhi sebuah karavan! Dan, meski tampilan Hilux merah hancur berantakan, namun semua fungsi utama, termasuk kemudi, mesin, girboks, transfercase dan rem, bekerja sempurna!

Terakhir, Hilux pun dibakar .. tentu, Hilux itu tetap berfungsi setelah perbaikan minor.

Setelah takjub dengan ketangguhannya, tim Top Gear pun memilih Hilux sebagai kendaraan ekspedisi kutub utara, dan sukses menjadi mobil pertama yang mencapai kutub utara secara resmi!

Hilux memang tangguh. Tak heran namanya memang harum di kalangan pecinta off-road dan kendaraan tangguh. Setelah 47 tahun hadir dari generasi pertamanya, Hilux tidak banyak memberikan fitur canggih di dalamnya. Kini, lahirnya generasi ke delapan tidak cuma ketangguhannya saja yang diperhatikan.

Hadirnya berbagai macam pikap atau biasa disebut D-Cab, di tahun 2015 ini makin canggih. Berbagai fitur safety dan peformance yang diberikan setara dengan kendaraan kelas premium. Sebelumnya Mitsubishi dengan All New Triton dan Nissan dengan All New Navara hadir lebih dahulu. Kini giliran Toyota memperkenalkan varian D-Cab-nya lewat All New Hilux.

Para D-Cab yang mengadopsi kata "All New" ini memang memberikan berbagai fitur berteknologi canggih. Setiap pabrikan memiliki keunggulan tersendiri. JIP menguji langsung beberapa hari sebelum All New Hilux diperkenalkan kepada media pada 23 Agustus kemarin di trek Pagedangan, BSD, Serpong. Untungnya format trek yang disediakan sudah lengkap untuk menjajal semua keunggulannya di jalur off-road.

Terlihat di lokasi ada empat varian berbeda dari Hilux generasi ke delapan ini. Dimulai dari varian tertinggi adalah V Double Cabin, G Double Cabin, E Double Cabin, dan E Extra Cabin. Ke empat varian ini sama-sama menggunakan mesin diesel 2500 cc D-4D VNTurbo dan berpenggerak 4x4. Memang mesin berkode 2KD-FTV sama dengan generasi Hilux sebelumnya, dan masih jadi andalan yang tangguh untuk menggerakan All New Hilux.

Walau menggunakan mesin sama dengan generasi sebelumnya. Namun tidak pada transmisinya. Kali ini ada dua jenis transmisi baru otomatis dan manual yang digunakan. Untuk transmisi otomatisnya menggunakan 5 speed dengan sport sequential shift, sedangkan manualnya adalah 6 speed. Untuk off-road kedua transmisi sangat menunjang karena punya rasio tinggi pada di gigi satu. Terlebih manualnya, karena memiliki rasio gigi satu sebesar 4.784, kalau generasi sebelumnya 4.313.

Spesifikasi
Mesin                     : Diesel 2KD-FTV, VNTurbo
Horse Power         : 144 hp
Torsi                       : 350 Nm
Transmisi               : 6 Speed Manual (Tipe G & E)
                                  5 Speed Otomatis (Tipe V)
Suspensi               : Double Wishbone (depan)
                                Leaf-spring Over Axle (Belakang)
Pelek                     : Alloy 17" (Tipe V & G)
                                Steel Wheel 17" (Tipe E)
Ban                       : 225x70xR17 & 265x65xR17
Airbags                 : Ada
ABS & EDB           : Ada
Kapasitas Tangki  : 80 Liter

viewed :: 1514
Berita Terkait Lainnya :