09 November 2018
TIPS MOTOR

Periksa Busi Secara Berkala, Wajib Hukumnya


Buat para bikers yang mudik kemarin menggunakan motor kesayangan, ayo cek busi sekarang juga. Biar pengapian, joss kembali. Pabrikan sebenarnya punya ketentuan.

Setiap jarak tempuh motor mencapai 7.500 km, busi haruslah diganti baru. Sebab, elektroda di busi tersebut sudah tak lagi optimal kinerjanya.

Nah, pada perjalanan menuju 7.500 kilometer itu yang juga harus diperhatikan. Gini bro, panjang atau tidak umur busi biasanya juga ditentukan oleh sistem pembakaran di motor masing-masing.

Hal ini bisa dilihat kalau kepala busi hitam, mengindikasikan bahwa lebih banyak bahan bakar yang masuk ketimbang udara. Efeknya motor jadi boros.

Begitupun jika kepala busi berwarna keputihan, mengindikasikan bahwa bahan bakar yang masuk lebih sedikit ketimbang udara, efeknya motor terlalu irit.

Maka, ketika melakukan service berkala setiap 1.000 atau 2.000 km, pengecekan busi itu wajib hukumnya. Buang jauh ungkapan busi enggak perlu diganti, karena untuk merawatnya, cukup mudah kok.

"Gunakan sikat kawat untuk membersihkan bagian kepala busi. Setelah itu perhatikan gap atau kerenggangan antara ground electrode dengan bagian tengah busi atau centre electrode," jelas

Muhammad Iqbal, Chief Mekanik Kawasaki Motorave, Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Menurut Iqbal, bisa juga pakai ampelas. Tapi, jangan gosok terlalu lama untuk menghidari menipisnya elektroda.     ..... (w33)

viewed :: 11888
Berita Terkait Lainnya :