08 Desember 2017
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Toyota Fortuner Gampang Jadi Jangkung


Toyota Fortuner sudah membuktikan diri sebagai salah satu SUV terkini yang cukup tangguh. Tercatat beberapa kali ikut event adventure berkelas via modifikasi yang memadai. Pun versi diesel VNT yang bertenaga besar, juga menjadi favorit. Apalagi kini, versi diesel itu juga tersedia dalam format 4x4. Sehingga Fortuner pun jadi pilihan menarik bagi yang mencari SUV modern untuk diajak off-road.

Satu bagian penting yang mesti diupgrade agar Fortuner lebih siap menghadapi jalan jelek, adalah suspensi. Bagi penggemar off-road hardcore, ini bukan masalah. Mereka tinggal pilih sokbreker yang per yang dinginkan, kalau gak pas, tinggal potong sini las sana, beres!

Akan tetapi, langkah semacam ini tentu jadi masalah bagi pengguna harian. Terutama yang ingin Fortunernya juga nyaman saat berkendara di aspal. Karena, pilihan komponen aftermarket untuk Fortuner belum sebanyak jip lawas yang memang populer di kalangan off-roader.

Namun, kini mulai banyak muncul pilihan. Seperti yang kami temui saat bertandang ke JAS Motor Indonesia, yang baru selesai memasang lift kit 3 inci dari ProComp pada Toyota Fortuner milik Ricky. Menurut Joni Agus Salim, bos JAS Motor, kit seharga Rp 18 juta (termasuk pemasangan-tergantung kurs Rp-USD) ini relatif simpel, dan terhitung bolt-on untuk Fortuner. Dan asyiknya, dengan naik 3 inci, Fortuner dapat menggunakan ban yang lebih besar, hingga 33 inci.

Tentu saja hasilnya tak hanya gagah dilihat seperti Fortuner milik Ricky ini, tapi juga fungsional lantaran lebih jangkung, dan ground clearance bertambah dengan ban lebih besar. Handlingnya pun cukup memadai untuk pemakaian harian dalam kota.

Bila anggarannya lebih, ada alternatif lain yang diusung oleh ProRock Engineering. Yakni sokbreker by-pass kit terbaru buatan OME (Old Man Emu) Australia, yang sudah sangat terkenal di ajang off-road internasional. Di Indonesia, produk OME sendiri sudah jadi favorit bagi penggemar adventure, juga banyak disukai oleh pengguna jip daily use, lantaran karakternya yang nyaman.

Menurut Widodo Teguh, juragan ProRock Engineering, sokbreker ini didesain untuk Hilux, namun karena platformnya sama dengan Fortuner, maka tak ada kesulitan berarti untuk diaplikasikan. "Cukup bikin adaptor, beres," ungkap pebengkel yang bermarkas di Solo, Jawa Tengah ini.

Menurut rilis dari OME, sokbreker ini memang didesain khusus untuk menggabungkan kualitas dan teknologi dari arena kompetisi, dengan kenyamanan dan kepraktisan untuk harian. Selain mengakomodir lift-up hingga 3 inci, sokbreker berkode BP-51 (Bypass dengan diameter 51 mm) ini dapat disetel untuk memberikan performa optimal, dari rebound dan compression, menyesuaikan kebutuhan serta spesifikasi kendaraan.

Bodi dan reservoirnya, serta komponen terbuat dari bahan aluminium 6061 T6, yang diproses hard anodised sehingga tahan panas, karat, serta lebih kuat menghadapi pecahan atau serpihan batu.

Dengan spesifikasi seperti itu, produk ini pun cocok digunakan untuk pengguna Fortuner yang mengincar performa di jalan raya, maupun kehandalan di trek off-road. Menurut Widodo, pemasangan suspension kit relatif cepat. Cukup sehari saja, beres, karena hanya butuh sedikit penyesuaian. Soal harga, Widodo membuka di Rp 42 juta, termasuk pemasangan.

Kontak
JAS Motor Indonesia : 021-5471900
ProRock Engineering : Jl A. Yani 312, Pabelan
            Kartasura Solo Central Java Indonesia
            Telp. : 0271 - 717960, 0811 263 2121

viewed :: 1427
Berita Terkait Lainnya :