08 Desember 2017
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Jeep CJ7 1981 Snow White : Si Metropolis Pelahap Trek Extreme


Saat kendaraan 4x4 digandrungi banyak orang dan kerap wara wiri melintasi jalan perkotaan, Toto Rudy mengaku bayangan Jeep CJ milik ayahnya saat dirinya masih kecil terus melintas dibenak. "Karena bertahun-tahun ber CJ ria, diantar sekolah oleh ayah pakai CJ, jalan-jalan bersama keluarga pakai CJ, lama-lama pusing juga saat itu karena ingin sekali memiliki CJ, tapi kemampuan belum ada untuk menebusnya," papar Toto yang berkarya di sebuah perusahaan swasta multinasional ini.

Pada 2011, Toto mengaku baru berani melirik-lirik CJ. Untungnya tahun itu juga dirinya berhasil meminang satu buah CJ. "Saat itu kondisinya tidak seperti sekarang. Sudah jadi sih, tapi masih mobil bergaya offroad dengan spek ngemal." Kala itu, lanjutnya, "Winch yang digunakan masih 9000 SDI, ban Simex 32, pun mobil ada saja kendalanya."

Walau kondisinya seperti itu, Toto yang mengaku kala itu masih buta soal jip offroad, pede saja mengajak CJ putih kanvas bestop miliknya jalan-jalan. Malah jalan-jalan offroad sekalipun tak ragu dia ikuti. "Nah, dari situ saya banyak belajar. Kenapa mobil saya begini? Mengapa jip orang lain bisa begitu, kenapa mobil saya tidak bisa seperti itu, dan masih banyak lainnya." Singkat cerita, lanjut Toto, dari seringnya bergabung dengan komunitas-komunitas offroad, juga ikut offroad, dirinya mengaku selain bisa belajar, juga bisa berkenalan dengan offroader senior, salah satunya Arif Hutagalung.

Sambil menggali ilmu mengenai Jip offroad dari Arif, diam-diam Toto membuat konsep untuk memodifikasi CJ putihnya yang diberi nama Snow White. "Karena saya lebih menyukai adventure, maka konsep modifikasi saya buat jip adventure. Syarat utamanya harus safety, kuat, bandel, praktis, efisien, handling siap untuk segala medan, juga tampilannya harus garang, namun tetap tidak boleh mengenyampingkan macho, supaya asyik juga diajak jalan-jalan melahap aspal ibu kota."

Nah, dari situ Toto mulai menggarap si Snow White secara bertahap. Dimulai dari upgrade mesin dengan Cherokee Country supaya tenaga greng, lalu sektor kaki diupgrade dengan milik Toyota FJ yang terkenal tangguh di segala medan. Sementara girboks dan sistem 4x4, Toto lebih percaya menggunakan bawaan jipnya. "Karena ada kawin silang mesin Country dan gearbox CJ, di sini diuntut kreatifitas ekstra. Jadi mau tidak mau saya pun harus belajar. Jadinya saat itu saya rajin googling dan konsultasi dengan pakar-pakar offroad yang biasa membesut CJ modif."

Setelah mesin, transmisi, dan kaki-kaki rampung dan sempurna, kabin mulai digarap. Karena untuk adventure, dibuatlah atap bikini alias custom half cabin. "Dengan seperti ini, kabin belakang bisa menjadi bagasi yang cukup luas untuk memboyong peralatan dan perlengkapan selama adventure berhari-hari, mulai dari logistik, hingga spareparts dan perlengkapan recovery." Belakang jok depan di dalam kabin, lanjutnya, bisa digunakan untuk membawa perlengkapan pribadi, juga pas sebagai tempat duduknya air locker.

Apa yang dilakukan Toto pada Snow White tidak sia-sia, saat mengikuti kontes Build Off 4x4 2015 beberapa waktu lalu, mobilnya berhasil menyabet juara pertama. Eits, walau juara kontes si Snow White tidak diciptakan Toto sebagai mobil catwalk, buktinya beberapa event extreme pernah diikutinya; IOX and Friends 2014, Bogor 4x4 2014, dan terakhir Wjaor 2015. "Setiap event tidak banyak kendala yang dihadapi, apalagi Wjaor kemarin mobil berangkat utuh, pulang utuh. Di trek hanya satu kali menggunakan winch, selebihnya bisa diatasi cukup dengan locker," bangga Toto pada si Snow White yang sehari-hari selalu tampil cling.

Spesifikasi teknis
Merek/model : Jeep CJ7
Pembuatan : 1981
Engine : Cherokee Country
Kapasitas : 4000 cc
Transmisi : Manual OEM CJ7
Gardan : Depan; Toyota FJ60 sumbu lebar. As roda Pro Rock USA-Chromolly
               Belakang; Toyota FJ40 sumbu lebar. As roda one piece
Locker : Depan; ARB Cina
              Belakang; Detroit
Final gear : 4.88
Per : Rough Country
Sokbreker : Fox Reservoir 10"
Pelek : Beadlock custom 15" x 8"
Ban : Simex extreme 15x35"x10.5"
Bumper Depan : Custom
Belakang : Custom
Winch : Depan; Warn 8274 M50
             Belakang; Chima 10.000 lbs
Jok : Sparco cutom
Ac : Super King. single blower
Rollbar : 6 titik + rak barang belakang custom
Sidebar : Custom by owner
Tirehanger : Custom
Softop : Custom Half cabin
Bengkel : Oddy Pejaten dan Brewok H. Nawi

viewed :: 1377
Berita Terkait Lainnya :