07 Desember 2017
SHOWROOM MOBIL

Modifikasi Jeep XJ Cherokee LAredo 1989 Konsep Orisinal


Tampilan agresif dan sporty merupakan komoditas yang cukup menarik bagi kelompok usia muda atau mereka yang berjiwa muda. Dunia otomotif roda 4 pun mengenal konsep ini. Salah satu perwujudannya adalah menawarkan kendaraan 2 pintu sebagai optional kendaraan 4 pintu.

Semisal, sebuah sedan Chevrolet Impala 2 pintu dianggap lebih seksi dan mewakili jiwa muda dibandingkan sedan serupa namun versi 4 pintu. Konsep inilah yang menjadi dasar lahirnya Jeep Cherokee di awal tahun 1970-an. Walau sebelumnya, Jeep telah berusaha memperkenalkan Wagoneer dalam versi 2 pintu pada akhir 1960-an, namun tujuannya untuk delivery car atau cargo car.

Berbeda dengan semangat yang dicurahkan Jeep saat SJ Cherokee diluncurkan pada tahun 1974. SJ Cherokee dikonsepkan sebagai SUV 2 pintu untuk pasar anak muda atau mereka yang dinamis. Memang, konsepnya tidaklah terlampau orisinal, mengingat Ford Bronco, Chevrolet Blazer dan GMC Jimmy telah terlebih dahulu menginvasi pasar. Toh walau terlambat, Cherokee langsung menjadi ancaman yang cukup signifikan bagi rival-rivalnya. Angka penjualannya pun tergolong menggembirakan.

Sejalan dengan perjalanan waktu, Jeep merasa perlu mengikuti perubahan zaman. Krisis minyak di awal 80-an berimbas pada kendaraan Amerika yang memiliki kapasitas mesin  dan berbobot raksasa, seperti halnya SJ Cherokee. Solusinya adalah mencari penerus Cherokee dengan bobot lebih ringan. Maka lahirlah XJ Cherokee pada tahun 1984. Dan SUV inipun masih nguri-uri (memelihara) tradisi Cherokee, yakni sebagai SUV 2 pintu. Pada waktu yang bersamaan, Jeep melakukan terobosan baru dengan memperkenalkan versi 4 pintu dari XJ Cherokee sebagai pilihan.

Seperti kita ketahui bahwa akhirnya versi 2 pintu tidak pernah menjadi bagian dari XJ Cherokee yang dijual di Tanah Air, sehingga menemukan XJ Cherokee 2 pintu asli, hampir mustahil. Bukan berarti sosok 2 pintu tersebut tidak ada. Dan Jip berhasil menemui dan mengabadikannya.

Sosok berkelir biru merupakan tipe Laredo, yang memiliki ciri lapisan krom pada beberapa bagian. "Sebenarnya saya sudah memiliki XJ ini beberapa tahun silam. Karena merupakan tipe dan varian yang cukup langka, maka restorasi sedekat mungkin dengan kondisi orisinalnya, menjadi suatu langkah yang tepat," tutur sang pemilik yang minta disapa Aldo ini. "Oleh karenanya, saya butuh waktu untuk mengumpulkan literatur dan segala sesuatu tentang SUV ini secara mendetail," terang pria yang cukup akrab dengan dunia restorasi ini.

Spesifikasi warna menjadi menu perburuan yang paling pertama. Infomasi dari internet dan beberapa lain, mendapatkan hasil, salah satunya warna biru yang kini melaburi sekujur badan kendaraan ini. "Spinakker Blue boleh dikatakan menjadi warna yang identik dengan XJ Cherokee versi USDM yang diedarkan di bawah tahun 1991. Khusus untuk tipe 2 pintu, warna ini hanya dipergunakan pada tipe Laredo saja," jelas pria ramah ini. "Setelah urusan cat teratasi, maka proses restorasi pun bisa dimulai. Beruntung kondisi SUV ex salah satu kedutaan asing ini cukup baik, sehingga tidak perlu melakukan perburuan panjang untuk mendapatkan part yang diinginkan," lanjutnya. 

"Jika dibandingkan dengan versi 4 pintunya, tipe 2 pintu ini kalah dalam kepraktisan terutama untuk keluar-masuknya penumpang di bagian belakang. Namun semua itu tidak lagi saya dirasakan sebagai kekurangan," papar pria bardarah Jawa ini. "Bagi saya, memiliki sesuatu  yang langka merupakan kebanggaan, dan terlebih pada Cherokee, di mana versi 2 pintu merupakan konsep orisinal yang mendasari hadirnya Jeep Cherokee," tutupnya.

Spesifikasi :
Bodi                 : XJ Cherokee 2 doors
Sasis               : XJ Cherokee 2 doors
Gardan            : Dana30  OEM XJ Cherokee
                        : Dana 35  OEM XJ Cherokee
Suspensi         : per keong dengan 4 link (depan) OEM XJ Cherokee
                        : per daun (belakang) OEM XJ Cherokee
Sokbreker       : Bilstein
Mesin              : Powertech 242 cu.in (4.0 liter) High Output
Transmis         : Aisin-Wagner AW4 4 percepatan otomatis
Transfercase   : 2 percepatan part-time NP231
Pelek               : OEM XJ Cherokee
Ban                 : Good Year  ATR 225/75R15
Bengkel         : Dog House Custom

viewed :: 1248
Berita Terkait Lainnya :