17 Juni 2019
TIPS MOTOR

Tips Menangani Kebocoran Oli pada Mesin Motor


Bagi kerabat momonet yang kebetulan memiliki sepeda motor, tentu akan merasa sangat kesal jika motor kesayangan Anda ternyata mengalami kebocoran oli mesin. Karena jika dibiarkan, bisa saja oli yang berada di dalam mesin akan berkurang bahkan habis tak bersisa.

Sebenarnya, banyak faktor yang bisa membuat oli motor menjadi bocor. Nah, bagi Anda yang ingin menyiasati kebocoran oli mesin, berikut ini adalah tips menangani kebocoran oli mesin motor dari Fuad, Ketua Asosiasi Honda Jakarta (AHJ).

Ketika terjadi kebocoran oli, segeralah mengganti seal tape yang berada di tutup klep, karena jika dibiarkan, dikhawatirkan oli akan menetes terus dan habis, yang beresiko tinggi mengakibatkan mesin menjadi rusak.

Perhatikan pada saat pemasangan tutup klep, karena jika tidak pas atau bercelah, akan membuat oli mudah keluar, karena tekanan yang keras dari semprotan oli saat mendinginkan head silinder.

Jangan lupa pula ketika Anda hendak mengganti oli, sebaiknya jangan dilakukan dalam keadaan mesin panas, karena hal ini juga akan membuat oli rembes.

Selain itu, rajinlah untuk selalu mengganti oli minimal satu bulan sekali, karena hal ini akan mempengaruhi kondisi mesin motor untuk tidak cepat panas dan menjaga mesin tetap halus.      ..... (w33)


viewed :: 12465
Berita Terkait Lainnya :