06 Desember 2018
CLUB MOTOR

BMW Motorcycle Club Jakarta


Awalnya adalah sebuah kegelisahan beberapa penggemar dan pencinta motor BMW di Jakarta, melihat serta menyaksikan motor-motor BMW sebagai salah satu fakta sejarah yang terkadang dalam keadaan atau kondisi tidak terawat, hancur atau telah dihancurkan.

Tahun tujuh puluhan, adalah masa pasca pergeseran politik Indonesia situasi sosial politik dan ekonomi belum stabil,segalanya masih terfokus pada pemulihan ketertiban dan keamanan. Belum ada keberanian untuk mendirikan organisasi / perkumpulan yang nota bene terkesan sebagai kelompok hura-hura.

5 orang yang berasal dari berbagai kalangan yang mempunyai kesamaan hobby mengendarai sepeda motor klasik merk BMW dan 'nongkrong' bersama di wilayah sekitar Tugu Monumen Nasional (MONAS) inilah yang membidani lahirnya sebuah perkumpulan penggemar sepeda motor klasik merk BMW di Jakarta pada tanggal 10 Juni 1977. Mereka yang dapat dikatakan sebagai pencetus berdirinya perkumpulan ini adalah: Bp. Djati Wijoso (aim), Bp. Martin Pfaff (aim.), Bp. Tjiam Som Hien (aim.), Bp. Rudy Puspa (aim) dan Bp. Sugeng Hidayat.

Nama "BMW GROUP JAKARTA RAYA" , merupakan hasil kesepakatan bersama dari dua kubu yang masing-masing mengusulkan kata "Club" dan kata "Group" dalam nama perkumpulan. Kedua kata ini sebenarnya mempunyai arti kata yang sama namun oleh karena pada saat itu sedang diterapkannya Sistim Ejaan Baru bersamaan dengan penggalakkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka dipilih kata "Group" sekaligus untuk menghilangkan kesan bahwa organisasi ini hanyalah kumpulan orang-orang yang sifatnya hura-hura dan buang-buang waktu saja.

Segera setelah ditetapkannya nama Group, dirasa perlu untuk membuat Logo Group. Logo berbentuk segi lima, di dalamnya terpampang seekor burung garuda-lambang dari negara pembuat motor BMW-yang bertengger pada pita bertuliskan "Jakarta Raya". Di tengah dada terdapat lambang motor BMW dengan tulisan "BMW Group". Bulu sayap masing-masing logo BMW Group Jakarta Raya berjumlah (5) lima di sebelah kanandan kiri. Logo ini mengandung arti bahwa Group dirintis oleh lima orang tokoh motor BMW klasik, didukung oleh lima orang yang lain, yaitu: Bp. Kol. Tulus (aim), Bp. Edi Suwito, Bp. Tatang, Bp. Wongso dan Bp. Djasri Surjo -hal ini dapat dilihat/sesuai jumlah bulu sayap - sedangkan pita dengan tulisan Jakarta Raya menunjukkan wilayah hukum/domisili dari Group. Segi lima menunjukkan bahwa Group berazaskan Pancasila dan bersifat "paguyuban".

Sampai saat ini BMW Motor Club Jakarta telah memiliki anggota sebanyak 224 orang yang tercatat berdasarkan nomor keanggotaan.

Sekretariat :
Jalan Salam 23
Pejompongan
Jakarta
021-5719515


Sumber : bmwclubjakarta.blogspot.com

viewed :: 16023
Berita Terkait Lainnya :