23 Agustus 2019
TIPS MOTOR

Tips Memasang Brake Pads Sendiri


Rem merupakan persyaratan yang wajib bagi sebuah kendaraan, entah itu mobil maupun sepeda motor. Untuk sepeda motor, ada dua sistem yang dipakai pada pengereman kendaraan roda dua tersebut, yaitu rem cakram dan rem teromol (drum).

Saat ini, hampir semua sepeda motor telah menggunakan rem cakram pada roda depannya. Karena daya cengkeram rem cakram lebih maksimal dibanding rem tromol.

Semakin seringnya penggunaan rem cakram, akan membuat brake pads akan mengalami aus dan tipis. Jika tidak segera diganti, besi pada lapisan pads yang sudah aus tersebut akan bergesekan dengan cakram, sehingga akan membuat kerusakan pada cakram.

Untuk mengganti brake pads yang sudah aus sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelumnya, siapkan brake pads baru, kunci 'L' bintang, kunci 8 dan obeng besar.

Pertama, kendorkan baut pengikat brake pads dengan kunci 8. Lalu buka dua baut bintang pada braket kaliper yang menempel pada tabung shockbreaker. Setelah kaliper terlepas, ganti pads dengan yang baru. Sebelumnya, bersihkan kaliper dengan sikat kawat.

Jika pads yang baru sudah terpasang dengan baik dan benar, pasang kembali kaliper seperti semula. Dengan demikian, kinerja rem cakram sepeda motor Anda pun dapat kembali maksimal. Selamat mencoba.   (w33)




viewed :: 12143
Berita Terkait Lainnya :