07 September 2018
TIPS MOBIL

Tips Berkendara Di Medan Off-Road


Berkendara di medan off-road pastinya menyenangkan dan menantang bagi Anda, khususnya para penggemar olahraga adventure. Namun berkendara di medan off-road tidak bisa asal injak gas dan putar setir begitu saja. Diperlukan teknik-teknik tersendiri agar Anda mampu berkendara baik, termasuk mampu mengendalikan medan jalan yang ekstrim.
Untuk Anda yang ingin bermain off-road, berikut beberapa tips mengemudi. Dengan trik-trik ini berharap Anda mampu menjinakkan jalan rusak dan bergelombang di jalan.

- Melajulah dengan kecepatan yang tepat. Artinya, Anda harus bisa menguasai diri untuk mengemudikan mobil dalam kecepatan sepelan mungkin dan secepat yang diperlukan.
- Berkendara di permukaan jalan tanah dapat menyebabkan kendaraan Anda tergelincir ke samping. Karena itu, belokkan kendaraan ke arah di mana bagian belakang mobil bergerak. Di saat itu, tekan gas dengan lembut untuk mendapatkan kontrol dan mengarahkan kembali ke turunan.
- Jalan Berbatu: Perhatikan baik-baik kondisi jalan dan lingkungan di depan, serta rencanakan rute untuk menjaga kendaraan sedatar mungkin. Usahakan untuk tetap dalam kecepatan rendah yang stabil, dan usahakan agar tidak mogok atau berhenti.
- Turunan Curam: Pilih gear transmisi serendah mungkin dan biarkan engine brake membantu Anda memperlambat kendaraan. Jika kendaraan Anda memiliki fitur "menuruni bukit" ada baiknya mempergunakan itu. Namun jika Anda terpaksa membutuhkan pengereman di turunan curam dan panjang, maka lakukanlah tekanan rem selembut mungkin.
- Tanjakan Curam: Pilih gear transmisi yang akan membawa Anda menanjak dengan kecepatan tetap. Kurangi gas saat Anda melewati hambatan, tapi jangan sampai berhenti. Akselerasi berlebihan di bukit dapat menyebabkan hilangnya traksi, gangguan pada isi kendaraan, dan kemungkinan kerusakan pada kendaraan.
- Hindari mengemudi melewati air yang lebih dalam daripada pusat roda Anda.     ..... (w33)

viewed :: 13425
Berita Terkait Lainnya :