14 Januari 2018
TIPS MOBIL

Hati-hati Menggunakan Ban Cadangan Yang Lebih Kecil Velgnya


Tidak semua produsen menyertakan pelek dan ban cadangan berukuran sama dengan yang dipasang di mobil.  Kini banyak yang menggunakan jenis sementara (temporary tire/half size spare tire). Cirinya, ukuran pelek dan ban lebih kecil dari standarnya, baik lebar telapak dan juga tebal. Untuk pelek dan ban jenis  ini, harus diperlakukan khusus demi keamanan.

Batasan
"Sebenarnya bahan ban cadangan ini tidak berbeda jauh dari standar, namun tetap di bawahnya. Pasalnya, bersifat sementara, bisa menghantarkan pemilik mobil ke bengkel atau tempat tambal ban terdekat. Berarti bukan untuk jarak jauh dan melaju kencang," jelas Arijanto Notorahardjo, Manajer Umum Pemasaran dan Penjualan Gajah Tunggal.

Untuk kecepatan, dibatasi hingga 60 kpj. Sedangkan jarak tempuh, maksimal 50 km. Pembatasan dilakukan karena ukurannya yang lebih kecil yang juga mempengaruhi kemampuan menahan beban dan bermanuver.

Kendati demikian, bukan berarti usia ban tersebut hanya 50 km. Ban tersebut bisa dipakai berkali-kali hingga ketebalan tapak mencapai 50 persen atau  sampai batas maksimum seperti tertera di dinding ban. (RV)


viewed :: 12523
Berita Terkait Lainnya :