13 Juli 2018
SHOWROOM MOTOR

Trailtrike, Penggaruk Tanah Roda Tiga


Can-Am Spyder bakal punya saudara. Sang kreator, Charles Bombardier, mulai mendesain sketsa konsep sepeda motor roda tiga lain, masuk di ranah trail alias penggaruk tanah. Nama konsep itu ditetapkan sebagai Trailtrike dan akan menggunakan payung perusahaan Bombardier Recreational Product (BRP).

Keputusan ini dinilai "memaksa" sebagian biker di AS, karena keberadaan Can-Am Spyder sendiri masih dianggap rancu. Bahkan, banyak yang menyebut produk revolusioner itu tak bisa dikatakan sepeda motor dan tak layak berbaur dengan roda dua. Tapi apa pun kata orang, konsep tetap melaju.

Dijelaskan Charles, sepeda motor ini mampu berjalan di dua alam, aspal dan tanah. Desain bannya seperti punya buku-buku bagaikan punggung udang, mirip kendaraan padang pasir (sand buggie). Tapi jika benar jenis ban itu yang dipakai, tak akan maksimal bekerja di jalanan aspal, kecuali BRP sanggup menciptakan ban revolusioner.

Yang aneh lainnya, posisi mengendarai dengan setang lebih rendah ketimbang jok (membungkuk). Lalu pijakan kaki agak ke belakang, layaknya menunggangi sepeda motor sport. Jika diterapkan untuk sepeda motor penjelajah akan menjadi kurang tepat alias pengendara bakal cepat lelah.

Terlepas dari berbagai kiritikan itu, dari garis desain bodi cukup menarik. Jok dan buntut dibikin seperti sepeda motor sport, tak terkecuali tampang depan yang sangat futuristik. Banyak sekali lekukan berupa garis tegas, membuat sekilas wajah mirip robot.

Karena fungsinya sebagai kendaraan serbabisa, Charles menyatakan bakal ada mode-mode yang bisa dipilih, layaknya sepeda motor all-terrain seperti Ducati Multistrada atau BMW R1200GS. Tersedia pilihan mode untuk berjalan di aspal, salju, pasir, atau tanah. Sistem ini akan berkoordinasi dengan rem, kontrol traksi, dan suspensi.

Soal tenaga, Trailtrike menggunakan mesin dua langkah, direct-injection, diklaim menyemburkan tenaga 165 PS. Semua tenaga dikerahkan pada ketiga roda. Konfigurasi suspensi belum diketahui, apakah bisa "miring" seperti Piaggio MP3 atau kaku layaknya Can-Am Spyder. Tahap pengembangan sepeda motor ini masih dalam ranah desain. Belum disebutkan kapan akan menjadi konsep dan berakhir di line produksi.      ..... (w33)


viewed :: 13617
Berita Terkait Lainnya :