12 Juli 2019
SHOWROOM MOTOR

10 Modifikasi Ubah Tampilan Suzuki Hayabusa


Tujuan melakukan modifikasi harus jelas dan bukan sekedar asal-asalan. Selain untuk merubah tampilan menjadi lebih menarik dari model sebelumnya, suatu modifikasi juga harus tetap pentingkan fitur keselamatan dan kenyamanan.

Modifikasi yang benar adalah boleh menambah atau mengubah part baru tapi dengan catatan tanpa mengurangi segala fungsi standar. Sebagai catatan dalam prinsip modifikasi, jika bobot semakin bertambah sebaiknya juga diikuti dengan penambahan tenaga.

Lalu efek berantai yang akan terjadi saat performa mesin ikut meningkat yang harus dilakukan adalah meningkatkan sistem keselamatan. Pada sepeda motor tentunya dengan penggantian sistem rem hingga ban yang memiliki daya cengkram lebih baik.

Namun berikut modifikasi ala Suzuki Hayabusa yang sangat menarik, tapi ada yang bisa menjadi inspirasi dan ada yang tidak.

1. LWB
Tingkat kenyamanan suatu kendaraan bisa dengan cara mengubah panjang sumbu roda. Dan gaya modifikasi pertama ala Suzuki Hayabusa ini adalah menjadikan model sport long wheelbase (LWB). Konsekuensi kendaraan dengan sumbu roda lebih panjang adalah menurunnya kemampuan akselerasi.

Untuk membuat sumbu roda lebih panjang tentunya modifikasi yang dilakukan adalah dengan memperpanjang sumbu swing arm. Disarankan bagi yang ingin melakukan modifikasi seperti ini juga harus diikuti dengan memperbesar gear rasio.

2. Undertail
Modifikasi selanjutnya adalah mengganti undertail. Jika dilihat tampilan dari undertail ala Hayabusa ini seperti motoGP, tapi sebaiknya juga jangan diikuti jika motor akan tetap dipergunakan di jalan raya. Modifikasi undertail harus dilengkapi dengan kelengkapan taillamp serta spatbord undertail.

3. Tail Cover
Bentuk buritan belakang dari Suzuki Hayabusa dianggap kurang aerodinamis dan terlalu bongsor. Sehingga modifikasi ala Hayabusa ini membuat bagian buritan belakang baru dengan gaya motoGP style yang terbuat dari bahan fiber glass dengan tujuan bobot menjadi lebih ringan.

4. Dudukan Stang
Perubahan selanjutnya pada satu set stang jepit sekaligus dudukannya. Perubahan ini juga dikarenakan mengganti suspensi depan dengan model upside-down berdiameter lebih besar.

5. Tangki
Mengurangi bobot serta dimensi motor yang dirasa terlalu gambot, tangki standar diganti dengan model yang lebih ramping dan terbuat dari lempengan besi ringan.

6. Kaki-kaki
Untuk kaki-kaki standar diganti dengan satu set velg Mirra berwarna Red chrome yang juga lengkap dengan ban low profile.

7. NOS
Untuk pendongkrak performa tenaga sistem NOS juga sudah terhubung ke mesin. Dengan hal ini pula menjadi alasan mengapa panjang wheelbase bertambah. Karena tabung NOS berada tepat di lengkung swing arm bagian dalam.

8. Body
Kesan super bongsor pada Suzuki Hayabusa tidak lagi dijumpai. Kontur body secara total menyusut dengan menanggalkan fairing bawah serta mencomot bentuk kepala GSXR 1000. Selain itu pengerjaan body disertai dengan pengaplikasian warna car matte black yang dikombinasi aksen glossy decals in dark red.

9. Sistem Rem
Kekurangan dari modifikasi ala Suzuki Hayabusa ini dari sistem rem. Tenaga meningkat, bobot berkurang tentunya akan memerlukan daya henti lebih kuat. Pada modifikasi ini bahkan menjadi sebaliknya yakni dengan melepas dual cakram menjadi single cakram.

10. Knalpot
Performa mesin gahar juga ditunjang dengan sistem knalpot high-performance trumpet-style dari Muzzy. (w33)

viewed :: 15941
Berita Terkait Lainnya :