15 Juli 2018
CLUB MOBIL

Mercedes-Benz Tiger Club Indonesia


Komunitas Mobil MTC terbentuk pada 12 Maret 2000, sehingga ini merupakan salah satu komunitas yang telah lama berkiprah di dunia otomotif. Komunitas Mobil MTC menjadi klub Mercedes-Benz di Indonesia yang cukup beruntung karena memiliki hubungan langsung dengan pabrikannya di Stuttgart GmbH (Jerman). Keberuntungan itu berhubungan dengan keberadaan mereka sebagai komunitas varian Mercedes-Benz yang paling awal berdiri di Indonesia.

Sebelumnya ada juga Komunitas Mobil Mercedes-Benz Classic Club Indonesia (MCCI) yang juga sudah mendapat pengakuan serupa. Namun ketika Mercedes-Benz Jeep Indonesia (MJI) mengajukan pendaftaran serupa, pabrikan di Stuttgart akhirnya minta agar penggemar Mercedes di Indonesia membentuk federasi untuk membawahi semua Komunitas Mobil penggemar Mercedes-Benz yang ada di Nusantara. Sebagai catatan, saat ini ada 62 klub penggemar Mercedes-Benz di seluruh Indonesia, baik yang terbentu berdasarkan wilayah (region) maupun berdasarkan  tipe Mercy koleksinya. 

Proses pembentukan Kounitas Mobil MTC sendiri dirintis oleh Denny Agust Putranto dan Fernando Reza di sebuah bengkel di bilangan Patimura - Kebayoran Baru pada tahun 1998. Bersama beberapa  orang penggemar Mercedes-Benz tipe W123 lainnya, mereka sering berkumpul di areal Parkir Timur Senayan - tepatnya di dekat bundaran air mancur patung panah yang diapit lapangan baseball dan Istora  Senayan.  Komunitas otomotif ini kemudian memilih nama W123 - Jakarta sebagai call sign.  Mereka membina hubungan baik dengan dengan klub W123 Der Familie Wagen yang sudah lebih dahulu lahir di Bandung, melalui beberapa aktifitas sosial bersama.

Hubungan baik kedua komunitas inilah yang menjadi embrio terbentuknya sebuah organisasi yang  lebih teratur dengan AD/ART yang jelas, setelah 10 orang di antara mereka berkomitmen untuk membentuk Komunitas Mobil dengan nama Mercedes-Benz Tiger Club (MTC) dan sepakat untuk memilih tanggal 12 Maret 1999 (= sesuai dengan filosofi kode tipe kendaraan 123) sebagai hari lahir. Di tahun yang sama pula, Musyawarah Nasional MTC pertama kali diadakan di Hotel Atlet Century Senayan dan berhasil memilih Iwan Diah sebagai Ketua Umum periode 1999-2000.

Heritage Brand
Member Komunitas Mobil MTC beragam, mulai dari kalangan mahasiswa sampai sampai beberapa orang yang berumur di atas 60 tahun. Untuk wilayah Jakarta, sampai naskah ini ditulis,  jumlah anggotanya ada 295 orang, sementara untuk seluruh Indonesia terdaftar sekitar 600-an member yang tersebar di 7 chapter MTC. Jakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Medan.  Setiap chapter memiliki AD/ART sendiri, namun setiap bulan mereka wajib membuat laporan untuk MTC Pusat mengenai penambahan anggota dan kendaraan, serta  kegiatan yang dilakukan. 

viewed :: 11461
Berita Terkait Lainnya :