12 Januari 2018
TIPS MOTOR

Cara Jitu Bekendara Di Tengah Kemacetan


Berkendara di tengah kemacetan memang bisa menjadi mimpi buruk setiap pengendara baik sepeda motor maupun kendaraan lainnya. Tak heran banyak bikers yang emosinya mudah melonjak saat sedang berada dalam situasi seperti ini. Jika momoners bisa menyikapinya dengan arif dan toleran terhadap sesama pengguna jalan, maka konsep aman berkendara dapat tetap terjaga. Sebaliknya jika tidak?. 5 tips pintar saat menghadapi kemacetan:

PERHATIKAN KEPALA DAN KACA SPION
Memperhatikan pergerakan kepala pengendara lain lewat sela jendela dan kaca spion merupakan salah satu cara terbaik untuk mengantisipasi pergerakan dan manuver mendadak dari kendaraan lain. Sebagian besar pengendara tidak akan membelokkan kendaraannya ke kiri atau ke kanan tanpa menoleh terlebih dahulu (bahkan saat mereka akan melihat kondisi melalui kaca spion). Kaca spion di motor Anda bisa menjadi penyelamat nyawa, namun mereka tidak akan menyiratkan kondisi di belakang jika tidak diposisikan secara tepat. Saat macet, atur kaca spion di motor Anda agar situasi di belakang bisa terlihat cukup jelas. Pastikan Anda mengetahui blind spot di belakang lewat kaca spion.

SIGAP DENGAN TUAS REM DAN TENAGA MOTOR
Saat macet, Anda kerap kali harus bereaksi dengan ekstra cepat baik saat menekan tuas rem atau bahkan pedal rem belakang. Untuk meminimalisir jeda waktu saat anda menekan rem depan, taruh tiga atau empat jari Anda di tuas rem. Jadi saat pengendara lain bermanuver tanpa lampu sein, anda sudah siap. Dalam kondisi macet, sebaiknya berkendara dengan gigi rendah dibanding saat normal agar motor anda siap untuk berakselerasi jika diinginkan. Dengan melakukan langkah tersebut, anda memiliki kesempatan untuk menggunakan rem cukup sering. Putaran mesin yang tinggi juga bisa menyatakan kehadiran Anda (namun jangan menggunakan suara knalpot untuk mengusir pengendara lainnya).

TETAP BERADA DI JALUR KIRI DAN FOKUS SAAT BELOK
Saat arus lalulintas berjalan lambat, tetap berada di sebelah kiri mobil dan kendaraan lain. Hindari bermanuver dengan menyelap-nyelip kendaraan lain. Selain membuat pengendara tersebut kagok dan kaget, juga membahayakan diri Anda sendiri. Dengan berjalan di sebelah kiri, ini menghindari anda tertubruk mobil di belakang seandainya anda terpaksa mengerem mendadak. Saat anda berhenti, tetap siagakan kopling, rem dan diri anda sendiri. Saat mendekati mobil lain yang berhenti saat akan membelok, anda harus siap sedia. Jangan lupa untuk menghidupkan lampu baik saat anda berkendara di siang hari atau bahkan terlebih waktu riding di malam hari. Perhatikan ban mobil tersebut atau tangan dari sisi pengendara yang berada di kolom kemudi. Jika anda melihat pergerakan, maka anda wajib siap untuk mengerem atau bahkan berakselerasi menghindar.

MEMPELAJARI PERMUKAAN JALAN
Memperhatikan lapisan jalan dalam daftar tugas anda. Anda harus lebih awas terhadap tumpahan oli, solar, bensin atau cairan yang bisa mengakibatkan permukaan jalan menjadi licin lainnya. Jangan lepaskan pandangan anda dari kerikil atau pasir yang biasanya sulit terlihat. Gunakan indra penciuman anda untuk mengenali apakah ada cairan diesel yang tumpah di jalan sebelum ban anda sadar akan licinnya permukaan. Gunakan tenaga motor anda untuk bermanuver di zona terbuka di antara mobil saat melaju di jalan yang agak kosong. Ini akan menghindari anda dari antrian mobil yang pastinya memilik blind spot dan memberikan kesempatan untuk bermanuver. Berkendara dibelakang mobil bisa membuat anda tidak terlihat oleh pengemudi lain.

TRIK MELEWATI PERSIMPANGAN
Anda sudah bisa menguasai beberapa trik di atas? Tidak ada salahnya jika anda memiliki rencana lain untuk menghindari kemacetan. Melewati jalan lain misalnya. Tidak masalah bukan, yang penting tubuh anda tidak lelah lantaran harus menembus belantara kendaraan. Yang ini adalah yang termudah dan bisa anda lakukan kapan saja. Biarkan kendaraan lain dengan dimensi lebih besar untuk melewati persimpangan terlebih dahulu. Jika ada mobil lain yang nyelonong, lebih baik mereka menabrak truk atau bis bukan ketimbang sebuah sepeda motor mungil yang anda kendarai? Jangan melewati persimpangan saat lampu hijau baru menyala. Bersabar sedikit dan gunakan kendaraan lain di sebelah anda sebagai pelindung.     ..... (w33)

viewed :: 11909
Berita Terkait Lainnya :