06 Desember 2018
SHOWROOM MOTOR

Harley-Davidson Sportster, Hardtail Handmade


Tempat modifikasi motor "52 Kustom" lumayan bergaung. Tidak hanya kebanjiran memodifikasi motor dengan kapasitas sedang, tapi juga merambah ke modifikasi moge, mulai Yamaha XS 650 sampai kepada Harley-Davidson. Klien datang  dari Palembang bernama Albert. "Tastenya menyasar hardtail, minimalis dan simpel," kata builder Moh. Rifai, yang akrab disapa Pe'i ini.

Pengerjaan motor ini termasuk banyak. Albert hanya menyisakan mesin Sportster. Semua bodi dibuat baru lagi, mulai sasis sampai peranti pendukung. Dari situlah 52 Kustom mulai memodifikasi. Sebagai dasar, sasis hatrdtail Rake tidak terlalu disasar. Mereka enggan membuat motor terlalu panjang. "Karakter mesin Sportster kompak dan harus padat," jelas sang builder.

Rake nyaman untuk daily riding dan turing, mereka juga merancang back-bone tidak meninggi. Kalau dinilai sekilas,  mereka sepakat mencari gaya-gaya New Yorker. "Cocok juga untuk lalu lintas di Indonesia. Saya dengar Palembang juga  padat, makanya motor harus ringkas," jelasnya lagi.

Setelah jadi sasis utama, mulailah ia pada detailing. Sesuai keinginan Albert, Pe'i patuh pada pakem old school. Untuk jok dibuat sadel kuda ala koboi dengan kulit mentah. Dipilih pengrajin kulit Billy The Kid dari Oustiders Leather Bandung untuk mengerjakannya.

Pilihan jok untuk mengesankan macho  di motor ini. Menjadi eye cathing dan aksen juga. Pasalnya, motor dominan hitam, sepatbor belakang pendek dan sissybar minimalis. Setuju sih, apalagi menengok bagian depan, sama sekali kosong tanpa sepatbor. "Unsur gaya outlaws memang jadi masukan juga,"  kata tim 52 Kustom.

Pakem choppers traditional memang lengket juga di desain ini. Mereka memilih ban yang ringkas, paduan ring 19 dan 17 inci. "Buat kami paduan inilah yang paling ideal khususnya untuk moge ringkas seperti Sportster," jelas bro dari Jl. Sultan Ageng Tirtayasa No. 52, Kunciran Indah, Pinang, Tangerang.

Catatan khusus dari modifikasi  ini adalah banyaknya langkah handmade yang dilakukan. Mulai sasis, tangki, sepatbor juga wadah oli, dibuat di sini. "Termasuk  pengecatan dan  unsur estetika. Bolt on yang ada hanya sedikit, tentunya memilih sok depan Sportster variasi lampu depan-belakang moge. Knalpot juga dibuat di  52 Kustom termasuk desain filter udara buatan sendiri meniru desain asli Screaming Eagle. (team redaksi)

DATA MODIFIKASI
Painting: 52 Kustom
Ban depan: Pirelli 120/70-19
Ban belakang: Michelin 240/70-17
52 Kustom: (021) 96160235 atau 0857-14-666-775. [w33]


viewed :: 14413
Berita Terkait Lainnya :