28 September 2020
CLUB MOTOR

Sejarah Terbentuk nya BYONIC


BYONIC merupakan singkatan dari Byson Yamaha Owner Indonesia Club. Nama ini merupakan ide dari bro Dion Ahong (Byonic Bogor - F001) di fan page Yamaha Byson di facebook.
 
Byonic berangkat dari obrolan di Jejaring sosial dunia maya, lalu berlanjut ke pertemuan nyata yang biasa disebut kopdar. Kopdar perdana BYONIC dihadiri oleh 15 punggawa Byson pertama. Byonic lahir tanggal 10 Okober 2010, atau biasa disebut 10-10-10.

Lahirnya Byonic ditandakan dengan kopdar pertama kali di Monas Jakarta pada hari Minggu, 10 Oktober 2010 jam 5 sore. Perkembangan Byonic begitu pesat, yang awalnya hanya di Jakarta saja, sekarang sudah mencapai 26 propinsi di Indonesia turut bergabung.

Byonic menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) untuk pertama kalinya pada tanggal 29 Januari 2011 di Cafe Warna-Warni daerah Menteng, Jakarta. Pada saat itu Munas telah disahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Byonic. Serta telah dibentuk struktur kepengurusan Nasional Byonic. Tingkatan stukturnya adalah :
kepengurusan nasional, kepengurusan daerah (propinsi), & kepengurusan wilayah (kabupaten/kotamadya). Setelah pondasi-pondasi berdirinya BYONIC bertambah kuat, BYONIC pun membuat acara deklarasi pada hari Sabtu, 19 Februari 2011 bertempat di Surganya Bikers, Depok.
Hampir seluruh Byonic wilayah dari Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa berkumpul di Depok. Acara deklarasi ini untuk mengumumkan kepada masyarakat ,khususnya masyarakat bikers, bahwa BYONIC itu ada. Selain itu, acara ini juga memiliki tujuan untuk menjalin tali silaturahmi, saling mengenal, dan memupuk rasa persaudaraan diantara sesama pengendara motor Yamaha Byson. BYONIC turut mengundang club-club dan komunitas-komunitas motor lain dalam acara ini.

Pada hari Senin, 10 Oktober 2011, usia BYONIC genap 1 tahun. BYONIC Jabodetabek merayakan acara syukuran sederhana di Monas dengan menyalakan lilin, memotong tumpeng dan berdoa dengan khusyuk. Di daerah lain pun merayakan syukuran kecil-kecilan pada hari yang sama. Acara besar ulang tahun pertama dirayakan pada tanggal 29 Oktober 2011. Tatanan panggung yang megah berdiri kokoh di bumi perkemahan ragunan, Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh perwakilan BYONIC se-Indonesia, karena memang cakupan acara ini adalah Nasional.

BYONIC terus berkembang pesat layaknya kereta ekspres yang melaju cepat. Sepanjang tahun 2011, BYONIC telah mempersiapkan diri untuk bergabung dengan YRC (Yamaha Riders Club), sebuah wadah dibawah pabrikan sepada motor Yamaha Indonesia Motor Manufacturing(YIMM) yang menaungi beberapa klub motorYamaha. Keistimewaan YRC terletak pada penerimaan klub, karena hanya 1 klub motor Yamaha saja yang dapat terdaftar dari setiap varian motor Yamaha. BYONIC mewakili varian sepeda motor Yamaha Byson.

Dipenghujung akhir tahun 2011 atau bertepatan dengan tahun baru 2012, BYONIC resmi dilantik YRC pada tanggal 1 Januari 2012 di DDS Yamaha Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Sampai saat ini, wilayah yg telah terdaftar di Byonic sebanyak 101 wilayah dari 26 Provinsi se-Indonesia dgn jumlah total anggota sekitar 2500 anggota. Semoga jumlah anggota yg byk ini menunjukkan bahwa Byonic telah menjadi klub motor yg bisa jd panutan & santun dijalan.(RV)

viewed :: 16865

Berita Terkait Lainnya :