06 September 2018
TIPS MOTOR

Crankcase Pecah Akibat Rantai Putus


Musim hujan adakalanya dianggap masalah besar dalam beraktivitas sehari-sehari. Genangan air membuat jalan berair dan licin, badan cepat sakit akibat kehujanan atau kedinginan dan kondisi lainnya yang sering membuat bosan.

Untuk kondisi motor pun timbul permasalahan yang cukup serius, adapun permasalahan yang berpotensi terjadi adalah pada rantai roda (drive chain). Beberapa permasalahan tersebut antara lain rantai menjadi kendur, munculnya bunyi berisik (terutama buat sepeda motor yang tidak menggunakan tutup rantai), hingga pin kendur atau rusak sehingga lepas bahkan putus sangat mungkin terjadi.

Bila hal itu terjadi, tak cuman biaya yang harus Bikers keluarkan tetapi juga tenaga bahkan rasa kesal karena perjalanan terganggu. Oleh karena itulah pemeriksaan dan perawatan rantai secara teratur merupakan langkah antisipasi yang sangat bijak.Jangan abaikan rantai kendor,rantai kendor yang dibiarkan saja akan berakibat rantai dan gear cepat haus apalagi ditambah dengan rantai yang kering tidak ada pelumasnya.

Jika kondisi ini terus berlangsung maka tidak mungkin rantai akan haus/cepat habis sebelum pada masanya bahkan bisa putus..!!! akibatnya rantai putus,crankcase bisa pecah seperti yang dialami konsumen kang ari, motor jupiter mx ini crankcase disebelah gear depan pecah gara-gara dihantam oleh rantai putus saat kondisi motor sedang jalan lumayan kencang,untung tidak mengalami kecelakaan karena motor otomatis berhenti mendadak karena rantai tersangkut di gear depan dan membentur crankcase.

Kalau sudah seperti ini,oli motor jadi langsung keluar.Karena konsumen tidak sanggup ganti crankcase baru akhirnya crankcase di tambel pakai lem besi.Nich dia oli pada dlewer akibat crankcase retak,

Konsumen kang ari tidak sanggup ganti crankcase mungkin harga yang terlalu mahal, biaya ganti crankcase lumayan kang bro bisa dikisaran 800 sampai 1juta untuk motor matic dan moped kalo motor sport bisa sampai 1,5jutaan.Biaya ganti crankcase bisa besar karena harus belah mesin dan yang bikin sesal/dongkol prosesnya yang lama bisa 1bulan domisili jabodetabek diluar itu bisa 2 bulan,kan harus ngetrik nomor mesin juga dipabrik.

Kang ari coba cari-cari korban lainnya di mbah google,ternyata ada juga motor pulsar bag magnetnya pecah diakibatkan rantainya putus.

Oleh karena itu kita harus selalu rutin mengecek kondisi kerenggangan rantai jika sudah kendor segera lakukan penyetelan dan jangan lupa memberikan pelumas.Satu lagi kang bro hindari pemotongan rantai jika rantai sudah haus dan sudah tidak bisa disetel lagi,karena pemotongan rantai sangat beresiko rantai gampang putus (kalo kantong kering ya minimal cuma buat sementara saja dan selalu hati2 saat jalan)......(w33)

viewed :: 14373
Berita Terkait Lainnya :