25 Oktober 2020
TIPS MOBIL

Trik Mengirit Bensin di Mobil 2.500 cc


Mobil berkapasitas mesin besar seperti 2.500 cc biasanya boros bahan bakarnya. Tetapi tenang, pengendara bisa membuat mobil hemat dengan beberapa trik.

Kebetulan, Mazda tengah menguji keiritan Mazda CX-5 generasi terbaru dengan mesin 2.500 cc yang juga sudah menggunakan teknologi Skyactiv bersama media nasional di Medan, Sumatera Utara

Jurnalis ditantang untuk menghabiskan bensin 25 liter dengan jarak tempuh sejauh mungkin.

Untuk bisa mencapai angka efisiensi bahan bakar yang optimal maka ada trik tersendiri, trik ini juga bisa digunakan oleh para pengguna Mazda CX-5 2.5 liter di seluruh Indonesia ketika mengendarainya.

Tahap pertama, usahakan menjaga putaran mesin maksimal 1.750 rpm saat berakselerasi, jagalah putaran mesin di 1.250 rpm saat cruising di gigi terakhir, jika keadaan jalan tidak memungkinkan, selalu jaga di 1.250 rpm di setiap gigi atau kecepatan 25, 36, 50 atau 60km/jam pada mode otomatis

Tahap kedua yakni usahakan sepanjang mungkin menjaga kecepatan yang konsisten. Jika merasa tidak perlu mendahului kendaraan di depan maka jagalah kecepatan sedikit di bawah kecepatan kendaraan di depan.

Sebagai patokan, konsumsi akan semakin irit jika Anda semakin jarang memerlukan rem. Ketiga, berakselerasilah selembut mungkin. Seperti dalam kedaan macet dengan kondisi stop and go, hindari menginjak pedal gas, jika sudah saatnya menginjak gas, injaklah sesedikit mungkin.

Terakhir, gunakan cruise control. Jika jalan rata nikmati asyiknya eco-drive dengan Mazda Cruise Control yang bisa diaktifkan sejak kecepatan 25 km/jam.

"Jika jalanan menanjak atau menurun maka segera aktifkan curise control karena akan ada daya tahan yang akan membuang bahan bakar saat menanjak atau menurun," ujar Product Planning PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Ari Tristianto Wibowo di Medan.

Ditambahkannya, saat menurun maka gunakanlah mode manual dan usahakan sebanyak mungkin menggunakan engine brake jika perlu mengerem.     ..... (w33)


viewed :: 12303

Berita Terkait Lainnya :