17 April 2018
TIPS MOTOR

Tips Mendeteksi Dan Mengatasi Bau Sangit Pada Mesin


Sering kali setiap kita berkendara, saat mesin berada di suhu tinggi muncul bau sangit Padahal,
penggantian oli mesin merasa sudah benar, baik jadwal maupun jumlah kapasitas oli mesin yang dipakai.

Problem demikian ini biasanya muncul alami dan tiba-tiba, sehingga sering kali membuat bingung pengendara. Secara mekanis, kondisi demikian ini sama halnya dengan temperatur panas mesin yang tinggi, atau di atas suhu normal.

Jika menghadapi problem ini khusus pengguna bebek dan sport paling sering menjadi pemicu adalah, menumpuknya kerak di ruang bakar. Sehingga, secara tak langsung kompresi berubah jadi tinggi, tapi tak diikuti dengan setting bagian dalam karbu. Indikasi ruang bakar kotor ini, biasanya disertai munculnya detonasi, sehingga dibutuhkan semi over houl untuk membersihkan ruang bakar.

Periksa bagian dalam karbu, terutama pilot jet. Pastikan kebersihannya, sebab ketika tersumbat pada kondisi tarikan bawah, setting karbu jadi lebih kering. Sehingga, berpeluang menimbulkan suhu mesin leblh tinggi, meskipun dominan berada di kecepatan rendah.

Clearance katup, ada kalanya para mekanik berinovasi sesuai dengan hasil risetnya untuk menghasiikan performa yang lebih meningkat. Tapi, pada prakteknya saat diterapkan di motor kita, suhu mesin jadi mudah tinggi. Untuk mengatasl problem ini. sebaiknya Ikuti saja rekomendasi pabrikan.

Rembesan oli mesin di silinder cop, blok silinder dan lubang buang, juga sering kali menjadi penyebab, timbulnya bau sangit Untuk itu, silahkan mengecek ulang bagian kebocoran dan benahi dengan penggantian pakin, o-ring dan sealent.

viewed :: 11283
Berita Terkait Lainnya :