17 April 2018
TIPS MOBIL

Cara Memeriksa Kerusakan Mobil Lewat Keadaan Busi


Memeriksa kerusakan mobil lewat keadaan busi mobil, dalam hal ini kita akan mengetahui kerusakan mobil kita dengan mengetahui tanda-tanda kerusakan saat kita melihat keadaan busi. Biasanya saat kita membuka busi mobil kita, kita akan mendapatkan bermacam-macam kondisi busi, seperti warnanya coklat, meleleh, gosong, hitam penuh kerak dan lain sebagainya. Dengan memeriksa busi kita dapat dengan cepat mengetahui bagian mobil mana yang rusak, berikut ini adalah kondisi busi dengan kerusakannya:

  •  Busi berwarna coklat atau usang: pertanda busi mendekati masa habis pakai, segera ganti busi (kerusakan pada busi itu sendiri).
  • Busi berwarna kekuning-kuningan atau kemerahan: artinya terjadi panas yang  berlebihan pada mesin, biasanya masalah pada pendingin mesin mobil (radiator atau piranti pendingin lain).
  • Gosong dan terjadi kerak: biasanya kesalahan pada setelan bahan bakar, cek aliran bensin dan peranti kelistrikan.
  • Meleleh: elektroda gosong atau meleleh ini disebabkan oleh kompresi yang salah atau kebocoran di mesin, sebagian oli ikut terbakar pada mesin.
  • Terdapat kerak yang banyak pada kepala busi: setelan bahan bakar yang jelek, terjadi kebocoran pada sill klep sehingga membuat sebagian oli masuk ke busi.
  • Basah: terdapat sisa pelumas di elektroda dan kepala busi, periksa timing atau ritme pengapian atau perbaiki bahan bakar yang biasa anda gunakan, misalnya dengan membeli premium di SPBU atau mengganti dengan Pertamax.
  • Mobil mendadak mati atau tersendat hampir mati, biasanya panas pada koil. Matikan mobil dan kompres koil dengan kain yang diberi sedikit air.
Tips di atas dapat dipraktekan oleh momoners dengan mudah, karena cukup membuka busi dengan kunci busi dan perhatikan tanda-tanda diatas.

viewed :: 11355
Berita Terkait Lainnya :